Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Teams Games Tournament

Authors

  • Nabila Yuliana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia
  • Naniek Sulistya Wardani Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia
  • Tego Prastyo Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17263

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah peningkatan motivasi belajar tematik dapat diupayakan melalui PI-TGT yang diterapkan pada siswa kelas II SD, (2) bagaimanakah langkah-langkah PI-TGT dapat meningkatkan motivasi belajar tematik siswa kelas II. Subyek penelitian adalah siswa kelas II sejumlah 28 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu, 1) perencanaan, 2) tindakan dan observasi, 3) refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi dengan instrumen lembar observasi motivasi belajar. Teknik analisis data adalah teknik persentase yakni membandingkan motivasi belajar melalui PI-TGT antar siklus. Hasil penelitian terdapat peningkatan motivasi belajar, yang diupayakan melalui PI-TGT, yakni siswa yang memiliki motivasi belajar sebanyak 54% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 77% dari seluruh siswa di siklus 2. Peningkatan motivasi belajar sebesar 25% dari seluruh siswa. Motivasi belajar meningkat melalui PI-TGT dengan langkah (1) menyimak tujuan pembelajaran, (2) menyimak materi pembelajaran, (3) membentuk 4 kelompok @7 siswa, (4) diskusi untuk mengidentifikasi masalah, (5) mempresentasikan dan memberikan tanggapan rumusan masalah, (6) mengajukan hipotesis, (7) mendemonstrasikan dalam game, (8) turnamen untuk menguji hipotesis, (9) membuat kesimpulan, dan (10) memberi penghargaan kelompok. Saran yang diberikan diharap guru dalam mendesain pembelajaran mengunakan PI-TGT agar motivasi belajar siswa meningkat

References

Ahmadi, I.K., & Amri, S. 2014. Pengembangan & Model Pembelajaran Tematif Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Ananda, T., & Putri, H. E. (2016). PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Metodik Didaktik, 10(2).

Aryati, D., Usman, U., & Majid, A. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN TATA NAMA SENYAWA. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 1-4.

Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231-238.

Darmawan, Dani Muhammad. (2017) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD N PENDEM PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

Dewi, Y. A. S. (2014). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajara Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri Lemahireng 02 Kecamatan Bawen Tahun Ajaran 2013/2014(Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).

Honan, M. 2014. Pembelajaran Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia.

Huda, M. 2011. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung :PT Refika Aditama.

Lesmana, K. D., & Suarjana, I. M. (2017). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(2).

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018, February). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Madjid, Abdul (2014).Pembelajaran Tematik-Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya. Permendikbud RI Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah

Nuraini , Nuraini and Karjiati, Karjiati and Dalifa, Dalifa (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA NERACA BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pembelajaran Matematika Pada Kelas II SDN 14 Curup Kota Kabupaten Rejang Lebong). Undergraduated thesis, Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.Octavany, Yohana. (2018). EFEKTIVITAS PENDEKATAN INKUIRI DAN MODEL JIGSAW (PI-MJ) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS 4 SD. Jurnal Pendidikan Berkarakter. Vol 1, No 1.

Permendikbud RI Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kelulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Tematik Terpadu.

Prasetianty, I. S. (2014). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) pada Siswa Kelas 4 SDN 1 Dologan Karanggede Kabupaten Boyolali Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP- UKSW).

Puspita, E. W., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA. INKUIRI Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 243-251.

Santoso, T. B. (2014). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Inkuiri Siswa Kelas 4 SDN Ringin Harjo 01 Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Semester II Tahun 2013/2014 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).

Sappe, I., Ernawati, E., & Irmawanty, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V sdn 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan Mangarabombang Kabupaten takalar. JKPD: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3(2), 530-539

Setiawan, W. D., & Sugijanto, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Model Pembelajaran Ekspositori terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. TRIHAYU Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(1).

Setyowati, D. R. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Kelas IV di SD Negeri Gendongan 01 Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014(Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).

Sudiyati. (2014). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Cooperaive Learning pada Siswa Kelas I SDN 18 Kembayan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 3, No 1.

Sukma, E. S. (2017). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA melalui Pembelajaran Inquiri pada Siswa kelas IV SD Negeri Wonoyoso. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 113-120.

Suprihatiningrum, Jamil. (2014). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Taniredja, Tukiran, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Yamin, Martinis. 2011. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yuni, F. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar TEMATIK Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SDN Kutowinangun 12 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW)

Downloads

Published

2019-04-10

How to Cite

Yuliana, N., Wardani, N. S., & Prastyo, T. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Teams Games Tournament. Journal of Education Action Research, 3(2), 80–89. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17263

Issue

Section

Artikel