Penerapan Problem Based Learning Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • I Ketut Bawa SMA Negeri 1 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17264

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan self efficacy dan hasil belajar matematika siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Singaraja pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019, melalui penerapan model problem based learning berbantuan LKS. Penelitian ini melibatkan 22 orang siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Singaraja pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan ini dilaksanakan mengikuti prosedur penelitian tindakan yang dikemukakan oleh Hopkins sebanyak 2 siklus, Setiap akhir siklus dikumpulkan data hasil belajar siswa dengan tes hasil belajar dengan tujuan untuk melihat perkembangan hasil belajar matematika siswa. Di samping itu sebelum dan sesudah tindakan, dikumpulkan data self-eficacy siswa melalui kuisioner self efficacy. Setelah semua data terkumpul dan dianalisis secara deskriptif, penelitian ini menyimpulkan bahwa model problem based learning berbantuan LKS dapat meningkatkan self efficacy dan hasil belajar matematika siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Singaraja pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan skor rata-rata self efficacy siswa sebesar 39,68% dari rata-rata skor 92,65 (kategori cukup) sebelum tindakan menjadi 129,41 pada akhir siklus II (kategori tinggi). Demikian juga hasil belajar matematika siswa meningkat sebesar 7,73% yakni dari rata-rata nilai 64,00 pada siklus I, menjadi 68,95 pada siklus II. Dilihat dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan sebesar 59,96% yakni dari 22,73% pada siklus I menjadi 36,36% pada siklus II

References

Arends, Ricard I. 2008. Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar, Edisi Ketujuh, Buku Satu: alih bahasa Helly P S. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikonto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, Saifuddin. 2015. Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahri, Djamarah Syaiful. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Bandura, Abert. 1997. Self-Efficacy in Change Societies. New York: Cambridge University Press.

Bandura, Abert. 1986. Social Foundations of Thought and Action. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Bloom, S. Benjamin. 1971. Handbook on Formative and Sumative of Student Learning. New York: McGraw-Hill Book, Co.

Candiasa, I Made. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unsdiksha Press.

Dantes, N. 2014. Landasan Pendidikan, Tinjauan dari Dimensi Makropedagogis. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Gagne, Robert M. 1990. Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran, Terjemahan: Munandir, Handy Kartawinata. Jakarta: Depdikbud.

Gie, The Liang. 1999. Filsafat Matematika . Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu.

Gredler, Margaret E. 2011. Learning and Instruction, Teori dan Aplikasi, Edisi Keenam. Jakarta: Kencana.

Ginnis, Paul. 2008. Trik & Taktik Mengajar, Strategi Meningkatkan Pengajaran di Kelas. Jakarta: Indeks.

Goleman, Daniel. 1998. Working with Emotional Intelegence. London: Bloomsbury Publishing Plc.

Gormally,C., Brickman.2015.Effects of Inquiry Based Learning on Students Science Literacy Skill and Confidence. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. 3 (2). 31-37. Tersedia pada http://www.doi.org Diakses 8 Desember 2017.

Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, R.,& Syaodih, N. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rinika Cipta

Jerolimek, John & Cliford D. Foster. 1976. Teaching and Learning in the Elementary School. New York: Macmillan Publishing Co. Inc.

Jihad, Asep & Abdul Haris. 2008. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Juniati, Ni Wayan dan I Wayan Widiana. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1) pp. 20-29.

Jus Pariatna, I Wayan & Ida Bagus Nyoman Sudria, Ngadiran Karto Wasono. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Topik Laju Reaksi”. Jurnal Wahana Matematika Dan Sains, Volume 9, Nomor 1, April 2015 38.

Koes-H, Supriyono. 2012. “Pengaruh Strategi Scaffolding-Kooperatif dan Pengetahuan Awal terhadap Prestasi Belajar dan Sikap pada Matakuliah Fisika Dasar”. e-Journal Penelitian Jurusan Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Tahun 2012.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Lickona, Thomas. 2013. Educating for Character, Mendidik untuk Membentuk Karakter, Bagaimana Sekolah dapat Mengajarkan Sikap, Hasrat dan Tanggung Jawab. (Terjemahan : Juma Abdu Wamaungu). Jakarta: Bumi Aksara.

Lukma, Ika. 2014. “Penerapan Model Inkuiri Melalui Pemberian Bantuan (Scaffolding) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V SD dalam Mata Pelajaran Fisika”. E-Journal Pendidikan Program Studi Pendidikan Dasar-Matematika SD, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. 7(2). 27-43. Tersedia pada http://www.unm.ac.id. Diakses pada 6 Mei 2017.

Marfuqotul Hidayah, Sutama. 2015. Penerapan Problem Based Learning untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. FKIP UMS

Marheni, Ni Putu & I Nyoman Suardana. “Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Budaya Lokal pada Pembelajaran Sains Kimia SMP”. Jurnal Wahana Matematika dan Sains, Volume 8 Nomor 2, Oktober 2014 (87)

Mariati. Y. 2014. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Keterampilan Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD e-Journal STKIP NU Indramayu, Jawa Barat 6 (12). 1-5. Tersedia pada http://www.stkippnuiac.id. Diakses pada 23 April 2017

Metaputri, Ni Kadek dan Ni Nym. Garminah. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Minat Belajar terhadap Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas IV SD”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 49, Nomor 2, Juli 2016, hlm. 89-97

Nurkancana, Wayan & Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Purwanto, M. Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Runtukahu, Tombokan & Selpius Kandou. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz MediPa.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Santyasa, I Wayan. 2012. Pembelajaran Inovatif. Singaraja: Undiksha Press.

Sharan, Shlomo. 2009. Handbook of Cooperative Learning. Alih bahasa: Sigit Prawoto. Yogyakarta: Imperium.

Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan, Alih Bahasa: Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Schunk, D.H. 1995. “Self-Efficacy, Motivation, and Perfomance”. Journal of Applied Sport Psychology 7(2), 112-137 (diakses: 22 Desember 2016)

Slavin, R. E. 2015. Cooperative learning: Theory, Research, and Practice. Second edition. Boston: Alyn and Bacon.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Subarinah, Sri. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika SD. DEPDIKNAS

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sumarti.S.,Rahayu.S.,Madlazim.2015. “Pembelajaran IPA dengan Inkuiri Terbimbing Menggunakan Hypermedia dan Media Riil Ditinjau gaya Belajar dan Kemampuan Awal”. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran. 2 (2). 45-52. Tersedia pada http://www.unes.ac.id. Diakses 8 April 2017.

Sumiati & Asra. 2011. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Suryaningsih, Ni Made Ayu & I Made Elia Cahaya, Christiani Endah Poerwati. 2016. “Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 5, No. 2, Oktober 2016 (212-220).

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Walle, John A. Van De, Karen S. Karp & Bay-Williams, Jennifer M. 2013. Elementary and Middle School Mathematics Teaching Developmentally, Eighth Edition. USA: Pearson Education, Inc.

Downloads

Published

2019-04-10

How to Cite

Bawa, I. K. (2019). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 3(2), 90–99. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17264

Issue

Section

Artikel