Penerapan Model Paired Storytelling dalam Pembelajaran Bercerita

Suryaning Hesti Resmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan, mengetahui bagaimana penerapan model Paired Storytelling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri  Kumendung Rembang, mengetahui kelebihan, kekurangan, kendala penerapan model Paired Storytelling pada siswa kelas V SD Negeri Kumendung Rembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas V sebanyak  30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan  Nonprobability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Setting penelitian ini di SD Negeri Kumendung Rembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Penerapan model paired storrytelling dalam pembelajaran bercerita oleh kelompok 1 mendapat prosentase 80%, Kelompok 2 mendapat prosentase 65%, Kelompok 3 mendapat prosentase 75%, Kelompok 4 mendapat prosentase 80%. Kelompok 5 mendapat prosentase 70%, Kelompok 6 mendapat prosentase 75%, Kelompok 7 mendapat prosentase 75%, Kelompok 8 mendapat prosentase 55%, Kelompok 9 termasuk mendapat prosentase 80%, serta penerapan model paired storrytelling dalam pembelajaran bercerita oleh kelompok 10 mendapat prosentase 65%. Dengan demikian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model paired storrytelling mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri  Kumendung Rembangpada kelas V SD Negeri Kumendung Rembang


Full Text:

PDF

References


Djiwandono, S. (2011). Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Malang: PT. Indeks.

Dibia, I.K., Dewantara, I.P.M. and Widiana, I.W., 2017. Pemberdayaan Teknik Bercerita Berbasis Budaya Bali Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Pribadi Siswa Kelas V SD Mutiara Singaraja. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), pp.113-119.

Fatimah, N., 2016. Implementasi cooperative learning tipe think-pair-share dalam pembelajaran bercerita di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), pp.90-98.

Kaluas, I., Ismanto, A.Y. and Kundre, R.M., 2015. Perbedaan Terapi Bermain Puzzle Dan Bercerita Terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Selama Hospitalisasi Di Ruang Anak RS Tk. III. RW Mongisidi Manado. Jurnal Keperawatan, 3(2).

Kurniawati, Y. and Setyowati, S., 2014. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Big book di PPT Tulip Surabaya. PAUD Teratai, 3(3).

Mariana, S. and Zubaidah, E., 2015. Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V SD Se-Gugus 4 Kecamatan Bantul. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), pp.166-176.

Manalu, E. and Oktaviana, M., 2014. Meningkatkan Kreativitas Bercerita Siswa Melalui Model Pembelajaran Paired Story Telling pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VI SDN Sei Renggas. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 2(1).

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa. (2015). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ningsih, S., 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako, 2(4).

Nurhayani, I., 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), pp.54-59.

Rizqillah, A.H., 2013. Metode Bercerita sebagai Model Penanaman Pendidikan Agama Islam untuk Anak Usia Prasekolah pada Area Agama Taman Kanak-kanak di Desa Bogares Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. BELIA: Early Childhood Education Papers, 2(1).

Sari, I., 2012. Peningkatan Nilai-Nilai Moral Anak Melalui Bercerita, Permainan Papan Magnet di Raudhatul Athfal Baburrahman Padang Pariaman. JURNAL ILMIAH PESONA PAUD, 1(5).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i2.17265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.