Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning (DL)

Yehuda Puja Nugroho, Nyoto Harjono

Abstract


Artikel ini adalah hasil penelitian tindakan kelas (PTK). Bertujuan untuk memperbaiki proses dan hasil belajar mata pelajaran Matematika siswa kelas 4 SD Marsudirini 78 Salatiga melalui sebuah model pembelajaran Discovery Learning. Mata pelajaran Matematika khususnya materi bangun datar memiliki hasil belajar yang kurang maksimal, demikian pula dengan proses belajar siswa dan kinerja guru yang memperoleh skor rendah dalam pengamatan pra silus. Hal itu terlihat dari perolehan aktivitas guru pra siklus yang memperoleh presentase 67% dan aktivitas siswa pra siklus yang memperoleh 45  % sehingga presentase ketuntasan hasil belajar pra siklus yaitu 35,5%. simpulan hasil penelitianya adalah penerapan model DL dapat meningkatkan proses dan hasil belajar Matematika khususnya materi bangun datar. Terbukti presentase ketercapaian aktivitas guru siklus 1 yaitu  66,5%  dan aktivitas siswa 76% kemudian meningkat pada siklus 2 dengan ketercapaian aktivitas guru 76,5% dan aktivitas siswa 83%. Keberhasilan  hasil belajar dilihat  dari presentase ketuntasan siklus 1 dan siklus 2  yaitu 72,7% meningkat menuju 84%.


Full Text:

PDF

References


Abdilah. (2018). Pengembangan Modul dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar,hlm. 37-46

Azwar , Saifudin. (2005) . Metode Penelitian . Jakarta : Pustaka Belajar.

Depdiknas. (2005). Landasan Teori dalam Pengembangan Metode Pengajaran. Materi Pelatihan Terintegrasi Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdik-nas Dirjen Pendasmen Direktorat Pend. Lanjutan Pertama.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Elsa, dkk. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pariaman, hlm. 118-127.

Firdhaus, Ryandi, dkk. (2017). Penggunaan Discovery Learning dengan Media Model Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD, hlm. 207-210.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Pustaka.

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru, Implementasi Kurikulum. 2013.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud, (2016). Panduan Teknis Pembelajaran Dan Penilaian Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Kusumarani, Ika. (2017). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII-G SMP Negeri 1 Salatiga

Marantika, Aryani, dkk. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika di SMP Pelita Palembang, hlm. 161-183.

Mulyasa, E. (2011). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2006). Proses Belajar Bandung. Bumi Mengajar. Aksara

Sari, Ni Made Meita Purnama, dkk. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Kelas V di SD, hlm. 1-10.

Subroto, dkk. (2003). Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, Bambang. (2014). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember, hlm.166-174.

Susanti, Eva, dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII tentang IPA SMP Advent Palu, hlm. 36-41.

Undang – Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, Depdiknas.

Wicaksono,dkk. (2015). Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan Singkat). Yogyakarta: Garudhawaca.

Wardani, Naniek Sulistya. (2012). Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga. Widya Sari Press.hlm 142

Wardani, N. S., Slameto, & Winanto, A. (2012). Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i2.17266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.