Peningkatan Hasil Belajar IPA dan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual Model Inkuiri

Authors

  • Raras Wida Mustika Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17267

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dan berpikir kritis siswa melalui penerapan pendektan kontekstual model inkuri di kelas V SD Negeri Gilirejo Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negri Gilirejo Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif yakni membandingkan hasil belajar IPA dan kemampuan berfikir kritis berdasarkan ketuntasan belajar, skor minimal, skor maksimal dan skor rata-rata pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar dan berfikir kritis. Berbagai Pekerjaan dapat diupayakan melalui pendekatan kontekstual model inkuri siswa kelas 5 SD Negri Gilirejo Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali tahun 2018-2019 sudah terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh meningkatnya hasil belajar dan berpikir kritis dari pra siklus, siklus 1 ke siklus 2.

 

References

Afcariono, Muchamad. "Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran biologi." Jurnal Pendidikan Inovatif 3.2 (2008): 65-68.

Amin, Saiful. "Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi." JPG (Jurnal Pendidikan Geografi) 4.3 (2017): 25-36.

Arikunto. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Askara.

Ariyati, Eka. "Pembelajaran berbasis praktikum untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa." Jurnal Matematika dan IPA 1.2 (2010): 2-5.

Choize. (2018, April 18). Pengertian Skala Likert dan Contoh Cara Hitung Kuesionernya. Retrieved from diedit.com: https://www.diedit.com/skala-likert/

Dewi, K., W. Sadia, and N. P. Ristiati. "Pengembangan perangkat pembelajaran ipa terpadu dengan setting inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kinerja ilmiah siswa." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia 3.1 (2013)

Dwijananti, Pratiwi, and D. Yulianti. "Pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran problem based instruction pada mata kuliah fisika lingkungan." Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6.2 (2010).

Fakhriyah, F. "Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa." Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3.1 (2014).

Fitriyani, Riski, Aloysius Duran Corebima, and Ibrohim Ibrohim. "Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA." Jurnal Pendidikan Sains 3.4 (2015): 186-200.

Hasnunidah, Neni. "Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Pembelajaran Ekosistem Berbasis Konstruktivisme Menggunakan Media Maket." Jurnal Pendidikan MIPA 13.1 (2012): 64-74.

Jufri, Wahab, and Dwi Sulistyo Dj. "Efektivitas pembelajaran sains berbasis inkuiri dengan strategi kooperatif dalam meningkatkan keterampilan berpikir siswa SMP." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP) 17.2 (2010): 159-165.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama.

Kono, Rahmad, H. Mamu, and L. Tangge. "Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Tentang Ekosistem Dan Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Sigi." Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako 5.1 (2016): 28-38.

Kurikulum, P. (2007). Pengembaangan Kurikulum pendidikan Tekhnoligi dan Kejuruan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud.

Kusumaningtias, Anyta, Siti Zubaidah, and Sri Endah Indriwati. "Pengaruh problem based learning dipadu strategi numbered heads together terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kritis, dan kognitif biologi." Jurnal Penelitian Kependidikan 23.1 (2013): 33-47.

Listiana, Lina. "Pemberdayaan Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Biologi melalui Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dan TTW (Think, Talk, Write)." Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning. Vol. 10. No. 1. 2013.

Maftukhin, M. (2013). Skripsi: Keefektifan model pembelajaran CPS berbantuan CD pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis materi pokok geometri kelas X. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mariana, I., & P., W. (2009). Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Bandung: PPPPTK IPA.

Mintania, Fesy, Muhammad Su’aidy, and I. Wayan Dasna. "Penerapan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa kelas XI IPA semester II SMA Negeri 5 Malang pada materi pokok koloid." SKRIPSI Jurusan Kimia-Fakultas MIPA UM (2013).

Mulyani, H. R. A. "Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Metro." Jurnal Bioedukasi 4.2 (2013): 114-121.

Nasution. (1992). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif . Bandung: Penerbit Tarsito.

Neka, I. Ketut, AAI Ngurah Marhaeni, and I. Wayan Suastra. "Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD Gugus Viii Kecamatan Abang." PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 5.1 (2015).

Nurgiyantoro, B. (2008). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta: BPFE.

Nurhadi. (2002). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjendikdasmen.

Nurhidayati, Siti, Siti Zubaidah, and Sri Endah Indriwati. "Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa." Jurnal Kependidikan 14.3 (2015): 285-294.

Pratiwi, Yenni Putri. "Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi." Skripsi, Universitas Sebelas Maret (2012).

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung : Kencana Media Pradan Group .

Siswanto, Joko, and Abdul Wakhid Mustofa. "Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Media Audio-Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa." Media Penelitian Pendidikan 6.1 (2012): 1-9.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi . Jakarta: Renika Cipta.

Subagyo, Y., and P. Marwoto. "Pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses sains untuk meningkatkan penguasaan konsep suhu dan pemuaian." Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 5.1 (2009).

Sumantri, J. P. (1999). Strategi Mengajar. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti.

Taufiq, M., N. R. Dewi, and A. Widiyatmoko. "Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berpendekatan Science-Edutainment." Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3.2 (2014).

Zubaidah, Siti. "Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains." Makalah Seminar Nasional Sains dengan Tema Optimalisasi Sains untuk memberdayakan Manusia. Pascasarjana Unesa. Vol. 16. 2010.

Downloads

Published

2019-04-10

How to Cite

Wida Mustika, R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA dan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual Model Inkuiri. Journal of Education Action Research, 3(2), 117–123. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17267

Issue

Section

Artikel