Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17272Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 dan 2 dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada siswa kelas V yang terdiri dari 16 siswa. Meningkatkan hasil belajar Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 dan 2 dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Faktor-faktor yang menyebabkan peningkatan hasil belajar Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 dan 2 dengan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas V SD N Kutowinangun 10 Salatiga. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah 16 siswa. Hasil penelitian adalah peningkatan hasil belajar sebelum tindakan dilakukan untuk siklus I dan siklus II. Hasil belajar pada pra siklus dengan persentase 31,25%, kemudian ada peningkatan di siklus I dengan persentase 43,75%. Selanjutnya hasil belajar siklus II meningkat dengan persentase 81,25%, dibuktikan dengan adanya penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar Tematik Siswa Kelas V SD N Kutowinangun 10 Salatiga.References
Islam, f. M., harjono, n., & airlanda, g. S. (2018). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar ipa dalam tema 8 kelas 4 sd. E-jurnal mitra pendidikan, 2(7), 613-628.
Hamalik, oemar. 2013. Proses belajar mengajar. Jakarta: bumi
Koeswanti, Henny Dewi. 2018. Eksperimen Model Kooperatif Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Logis. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Madya. Suwarsih. 2007. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva PRESS
Rahmasari, r. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar ipa kelas iv sd. Basic education, 5(36), 3-456.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada
Sudjana, nana. 2011. Penelitian hasil proses belajar mengajar. Bandung: pt remaja rodakarya.
Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Octa Puspira Dwi. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2(1), 86-95.
Tarigan, Justianus. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Media Vidio Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IIS SMA NEGERI 1 SINGARAJA. “Journal of education action research 2.2 (2018): 123-133.
Agustini, Putu Putri, MG Rini Kristiantari, and DB KT NGR Semara Putra. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENYIMAK TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN 8 SUMERTA”. Mimbar PGSD UNDIKSHA. 4.1 (2016).
Primiani, Novi. “Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar pada perkuliahan fisiologi hewan”. Prosiding Seminas. 1.2 (2012).
PRATIWI, MUSTIKA, AND ISA BELLA. “Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA untk siswa SD”. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1.2 (2013): 1-8.
Kharida, L.A.,A. Rusilowati, and K.Pratikyo. Penerapan model pembelajaran berbasisi masalah untuk peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan elastisitas bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 5.2 (2009)