Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Saintifik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17273Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika bagi siswa kelas 3 SD No 5 Les pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan Model Pembelajaran Saintifik. Data penelitian dikumpulkan melalui tes prestasi belajar, yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data disajikan dalam bentuk rata-rata prestasi belajar dan prosesntase ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan data awalnya rata-rata hasil belajar siswa hanya 66,32 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 atau 59,09 %. Pada siklus I setelah dilaksanakan penerapan Model Pembelajaran Saintifik ternyata terjadi kenaikan prestasi belajar yang ditandai dengan rata-rata 69,50 ketuntasan belajar 77,27 %. Dan Setelah memperbaiki kekurangan-kekurangan yang masih terjadi pada siklus I, maka pada siklus II memperoleh data prestasi belajar meningkat menjadi rata-rata 71,68 ketuntasan belajar 90,91 %. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Saintifik dapat meningkatkan prestasi belajar matematika bagi siswa pada kelas III SD No 5 Les pada smester ganjil tahun pelajaran 2018/2019References
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Penjaminan Mutu Pendidik.
Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2008. Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Depdiknas.
Marliani, N., 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).
Richardo, R., 2017. Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), pp.118-125.
Soedomo, M. 2001. Landasan Pendidikan. Malang: Penyelenggara Pendidikan Pascasarjana Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi.
Suhardjono. 2010. Pertanyaan dan Jawaban di Sekitar Penelitian Tindakan Kelas & Tindakan Sekolah. Malang: Cakrawala Indonesia.
Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbti: Insan Cendekia ISBN: 979 9048 33 4.
Supardi, 2005. Pengembangan Profesi dan Ruang Lingkup Karya Ilmiah. Jakarta: Depdiknas.
Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Wardani, I. G. A. K Siti Julaeha. Modul IDIK 4307. Pemantapan Kemampuan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wibowo, A., 2017. Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), pp.1-10.
Widiani, T., Rifat, M. and Ijuddin, R., 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1).