Upaya untuk Meningkatan Hasil Belajar Matematika dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Kontekstual dengan Model Learning Community

Rani Laksmita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode Contextual Teaching and Learning with Learning Community mampu meningkatkan hasil belajar matematika dan keterampilan berpikir kritis siswa di SDN Salatiga 05 dan mendeskripsikan penerapan metode Learning Community. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas kolaborasi. Dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Salatiga 05 yang terdiri dari 20 siswa. Penelitian ini dilakukan pada Maret 2019, yang terdiri dari pra siklus, siklus satu, dan siklus dua.. Instrumen penelitian untuk mengumpulkan data seperti lembar observasi dan tes evaluasi dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa. Dan itu menyetujui hasil akademik, dari pra-siklus ke siklus satu ada peningkatan 00%. Dan itu juga menunjukkan hasil yang signifikan pada siklus dua yang meningkat 00%.. Kondisi proses pembelajaran sedikit demi sedikit kondusif sampai siswa benar-benar menikmati dan penggemar bergabung dalam kegiatan. Para siswa menunjukkan peningkatan selama siklus satu ke siklus dua dengan melakukan pekerjaan yang baik pada peran mereka. Dengan demikian metode Learning Community diterapkan untuk siswa dan mendapatkan hasil yang baik untuk hasil belajar dan pemikiran kritis siswa.

Full Text:

PDF

References


A. Matalang, U. K. (2009). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Pembina Liang Pada Pokok Bahasa Luas Segitiga Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Kreatif Tadulako .

Agus, S. (2006). Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Alwasih, A. C. (2006). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Media Utama.

Amir, M. F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Porsiding Seminar Nasional Pendidikan , 34-42.

Andari, T. (2016). Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Siswa KelasV SD- Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika .

Ardiyanto, D. S. (2013). Pengaruh Pendekatan Kontekst. Prosiding Universitas Yogyakata , 174-184.

Benjamin, S. B. (2005). Taxonomy of Education Objectives. New York: Longman.

Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasnawati. (2006). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan , 53-62.

Johnson, E. B. (2006). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizam Learning Center.

Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan , 21-32.

Masita, M. (2012). Peningkatan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual (Contekstual Teaching and Learning). Jurnal Pendidikan Matematika .

Mills, G. E. (2000). Action Research: a guide for teacher researcher. . London: Printice-Hall International (UK) Limited.

Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. (2011). Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustaji. (2012). Developing Critical Thinkers (Brookfield). San Fransisco: Jossey Bass Publiser.

Nasional, D. P. (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL). Jakarta: Depdiknas, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Dan Lanjut Pertama.

Noor, J. (2010). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis,Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nurhadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Payung, Z. (2015). Penerapan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 189 Malimbong Kabupaten Tana Toraja. AgroSainT , 120-124.

Puspita, Dewi. (2017). Pengaruh Keterampilan Berpikir kritis dan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 1 Di Man Mojosari. Volume 5 No 1 Edisi Yudisium 2017.

Rahman, A. (2012). Implementasi CTL dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika UNP .

Sanderayanti, D. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SDN Kota Depok. Jurnal Pendidikan Dasar , 222-231.

Saur, T. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika 4 , 14-25.

Wardani, N. S. (2012). Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i2.17274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.