Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Group Investigation dengan Pendekatan Galery

Authors

  • I Gusti Agung Made Gede Mudana Jurusan Dharma Acarya,Program Studi Sastra dan Pendidikan Bahasa Bali, STAHN Mpu Kuturan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17275

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas X.9 SMAN 8 Denpasar dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran Group Investigation melalui pendekatan galery. Menurut Slavin (1995) pembelajaran Group Investigation (GI) adalah pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok, siswa dalam satu kelas dijadikan kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 sampai 5 orang untuk memahami konsep yang difasilitasi oleh guru. Galery adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual yang diwujudkan dalam bentuk dua dimensi sebagai curahan perasaan atau fikiran (Hamalik, 1986). Jadi Galery yang dimaksud disini adalah hasil kerja kelompok yang dipajang secara visual dan kelompok lain memberikan input atau pendapat mengenai hasil karya kelompok. Penelitian  ini dirancang dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi serta analisis dan refleksi tindakan. Dalam penelitian ini diperoleh informasi bahwa aktivitas belajar siswa tergolong cukup aktif pada siklus I, menjadi tergolong sangat aktif pada siklus II.  Hasil belajar siswa tergolong  tuntas  yaitu dari  68,02  pada siklus I, menjadi  83,02 pada siklus II. Diharapkan kedepan, model pembelajaran ini bisa diterapkan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran yang lain sehingga apa yang menjadi tujuan pendidik yaitu meningkatkan kualitas pendidikan tercapai.

 

References

Azizah, Ulfah. "Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Ii Dengan Menggunakan Strategi Card Sort Di Mi Ma’arif Nu Cipete Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016."

Faujiah, Chera Rizqi, Idad Suhada, and Sri Hartati “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MASNUSIA.” Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi 7.1 (2017): 64-75

Herlina, Anita. “ Pengaruh Model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) Tehadap Kemampuan Multi-Representasi dan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika (pada Materi Suhu dan Kalori) di SMA Jember.” (2016)

Jayadiningrat, Made Gautama, I. Nyoman Tika, and Ni Putu Yuliani. "Meningkatkan Kesiapan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Dengan Pemberian Kuis Di Awal Pembelajaran." Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 1.1 (2017): 7-12.

Lestari, Fuji. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Teknik Gallery Walk terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. BS thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018

Maghfuranh, Akhmad. Efektivitas metode inquiry terhadap hasil belajar materi pencemaran dan kerusakan lingkungan kelas VII MTS Taqwal Ilah Meteseh Tembalang Semarang. Diss. IAIN Walisongo, 2014.

Mahendra. 2003. Pembelajaran kontekstual dan implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Makalah, disajikan pada Seminar Jurusan Pendidikan Fisika IKIP.

Nur, Ahmad Tajuddin. “MODEL PEMBELAJARAN GI-GI ( GROUP INVESTIGATION GUIDED INQUIRY) DALAM PEMBELAJARAN FLUIDA DINAMIS DI SMA (STUDY PADA KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA)”. (2016).

Oktavianto, Dwi Angga, and Budi Handoyo Sumarmi. "PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN GOOGLE EARTH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR SPASIAL." Jurnal Teknodik 21.1 (2017): 059

Prasetyo, Budi. "Efektivitas Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Negeri Tumpang."

Setiawan, Roni. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X DI SMA Negeri 5 Tellu Limpoe. Diss. Ekonomi, 2018.

Siswaya, Ida Bagus Widana. "The Implementation of the NHT Type of Cooperative Learning Model to Improve Student’s Activities and Learning Achievement in Basic Techniques for Passing Inner Legs." Journal of Education Action Research 3.1 (2019): 1-8.

Sujaya, I M. 2005. Penerapan pendekatan kontekstual dengan setting kooperatif tipe group investigation (GI) sebagai upaya meningkatkan kompetensi dasar dalam pembelajaran energi dan usaha pada siswa kelas IA2 SMP Negeri 1 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika. Fakultas Pendidikan MIPA IKIP N Singaraja

Sujana, N. 1991. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukelasmini, I. Gusti Ayu Made. "The Implementation of Think Pair Share (TPS) Type of Cooperative Learning Model To Improve Student’s Motivation And Nutrition Science Learning Achievement." Journal of Education Action Research 3.1 (2019): 9-15.

Sumardi, S. "Pembelajaran Matematika dengan Student Team Achievement Division dan Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMP." Manajemen Pendidikan 12.3 (2017): 179-190.

Tahir, Sitti Fatimah. "Perbandingan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas Xi Ipa Man 1 Makassar."

Tambunan, Elida, and Nurdin Bukit. “Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Pemahan Konsep awal Terhadap hasil Belajar siswa Di SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu.” Jurnal Pendidikan Fisika 4.1 (2015): 49-56.

Wati, Novika Rahma. "Penerapan Model The Power Of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV B SD Negeri 2 Rukti Harjo." (2016).

Wirta. 1999. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

2019-04-10

How to Cite

Gede Mudana, I. G. A. M. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Group Investigation dengan Pendekatan Galery. Journal of Education Action Research, 3(2), 173–177. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17275

Issue

Section

Artikel