Peningkatan Kompotensi Guru Melalui Pelatihan Membuat RPP Kurikulum 2013 Edisi Revisi dengan Mengaktifkan MGMP Tingkat SMA/K di Kabupaten Bangli

I Nyoman Wandri

Abstract


Tujuan dari penelitian untuk meningkatkan Kompotensi guru melalui  Pelatihan membuat RPP Kurikulum 2013 edisi revisi Tingkat SMA/K di Kabupaten Bangli. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan menggunakan rancangan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan – tindakan – observasi – refleksi. Dalam mencapai data hasil penelitian dipergunakan teknik pengukuran berupa tes  supaya mendapatkan data kuantitatif. Lembar observasi dipergunakan agar mendapatkan data kualitatif. Kumpulan data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriftif. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian sebanyak 26 Guru Agama Hindu, pada MGMP tingkat SMA/K di Kabupaten Bangli dengan kreteria kurang sedang dan mampu. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus pertama dan siklus kedua diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama; Pada akhir pelaksanaan siklus pertama dan kedua terdapat peningkatan rata-rata hasil kompotensi guru melalui Pelatihan membuat RPP Kurikulum 2013 dari hasil pelatihan sebelumnya  sebesar 76,00 menjadi 85,60 setelah dilaksanakan siklus III pada tingkat profesional guru mencapai nilai baik. Kedua; Ternyata peningkatan Kompotensi guru melalui Pelatihan membuat RPP Kurikulum 2013 dengan mengaktifkan MGMP tingkat SMA/K di  Kabupaten Bangli tahun 2018 menunjukan hasil yang sangat signifikan dari kondisi awal sebelum mendapat pelatihan dan bermanfaat sebagai pedoman mengajar.


Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, Jemmi. "Peningkatan kompetensi guru bidang pendidikan di Kabupaten Tana Tidung." EJournal Pemerintahan Integratif 1.1 (2013): 38-50.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016. Jakarta: BSNP.

Baharun, Hasan. "Peningkatan kompetensi guru melalui sistem kepemimpinan kepala madrasah." At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah 6.1 (2018): 1-26.

Departemen Agama RI, 2007. Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan agama dan Keagamaan, Jakarta

Departemen Agama RI, 2009. Peraturan Menteri Agama No 16 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Agama di Sekolah, Jakarta.

Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Depdiknas, 2003. Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Mendiknas.

Depdiknas, 2006. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Dit Prodik Dirjen PMPTK.

Depdiknas, 2008. Peraturan Pemerintah nomor 74 tentang Guru, Jakarta.

Depdiknas. 1999. Pengelolaan Pengujian Bagi Guru Mata Pelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Dwi Agus Sudjimat, 2004. Metodelogi Penelitian, Surabaya: Program Pascasarjana Universitas PGRI Adibuana.

Halimah, Lely. "Pemberdayaan lingkungan sebagai sumber belajar dalam upaya meningkatkan kompetensi berbahasa Indonesia siswa kelas 4 SD laboratorium UPI Kampus Cibiru." Jurnal Pendidikan Dasar 10 (2008): 1-7.

Hapsari, Mahrita Julia. "Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing." Jurnal Prosiding ISBN (2011): 978-979.

Hardianto, Deni. "Pendidikan guru dan upaya meningkatkan profesionalisme guru." Seminar nasional IPTPI. Vol. 1. 2009.

Inayah, Ridaul, Trisno Martono, and Heri Sawiji. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA NEGERI 1 LASEM JAWA TENGAH Tahun Pelajaran 2011/2012. Diss. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2013.

Indrawati dan Maman Wijaya, 2001. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PPPG IPA Depdiknas.

Jayadiningrat, Made Gautama, I. Nyoman Tika, and Ni Putu Yuliani. "Meningkatkan Kesiapan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Dengan Pemberian Kuis Di Awal Pembelajaran." Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 1.1 (2017): 7-12.

Jupenawati, Hj Baiq. "Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Penyusunan RPP Yang Baik Dan Benar Melalui Pendampingan Berbasis KKG Semester Dua Tahun 2016/2017 Di SD Negeri 45 Ampenan." Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) 3.2 (2017): 99-110.

Mahmudi, Ali. "Mengembangkan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study." Jurnal Forum Kependidikan FKIP UNSRI. Vol. 28. No. 2. 2009.

Muchtar, Hartati. "Penerapan Penilaian Autentik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan." Jurnal Pendidikan Penabur 14.9 (2010): 68-76.

Nazuhi, M. 2018. Meningkatkan Kompetensi guru dalam penyusunan RPP yang baik dan benar Melalui pendampingan berbasis MGMP semester 1 tahun 2015/2016 di SMP Negeri 16 Mataram. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 3 (1), 584-591.

Nur Ali Wahidmurni, 2008. Metodologi Penelitian. Tindakan Kelas malang: Um Press.

Nurhasnah, Hj St. “MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RPP DI SD NEGERI 43 AMPENAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018 MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS KKG.” Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) 4.2 (2018):127-137.

Pangestika, Ratna Rosita, and Fitri Alfarisa. "Pendidikan Profesi Guru (PPG): Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia." Makalah Prosiding Seminar Nasional. Vol. 9. 2015.

Riyana, Cepi. "Peningakatan Kompetensi Pedagogis Guru Melalui Penerapan Model Education Centre Of Teacher Interactive Virtual (Educative)." Jurnal Penelitian Pendidikan 11.1 (2010): 50-65.

Rusmawati, Vivi. "Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan disiplin kerja guru pada SDN 018 Balikpapan." Journal Administrasi Negara 1.2 (2013): 395-409.

Sauri, Sofyan. "Membangun karakter bangsa melalui pembinaan profesionalisme guru berbasis pendidikan nilai." Jurnal Pendidikan Karakter 2.2 (2010): 1-15.

Tantra, I.W. 2016. Upaya Meningkatkan Kompetensi guru dalam Penyusunan RPP Melalui Pendampingan Berbasis KKG Bagi Guru SD Negeri 32 Mataram Semester 1 Tahun 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 2(2), 121-132.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i2.17276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.