Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan Saintifik

Authors

  • Vanityas Yunita Hastuti Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Theresia Sri Rahayu Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Wasitohadi . Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17306

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktifitas belajar peserta didik  kelas III SD St. Theresia Marsudirini 77 Salatiga. Semester genap tahun ajaran 2018/ 2017 melalui penerapan Talking Stick pendekatan Saintifik. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas III SD St. Theresia Marsudirini 77 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 44 orang. Desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini mengikuti model Stephen Kemmis yang dilakukan dalam dua siklus. Data penelitian ini dikumpulkan dengan lembar observasidan tes proyek. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Talking Stick pendekatan Saintifik dapat meningkatkan aktifitas belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa dari 41% menjadi (75%). Setelah diberikan tindakan siklsu II, terjadi lagi peningkata menjadi (88%). Dengan hasil ini dapat dikatakan meningkatnya hasil belajar Tematik dan Aktivitas Belajar peserta didik menggunakan pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan Sanitifik, berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran Tematik pada peserta didik kelas 3 SD St. Theresia Marsudirini 77 Salatiga, Semester 2 2018/2019.

References

A.M, Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar- mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Fajri, N., Yoesoef, A. and Nur, M., 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Strategi Joyful Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTsN Meuraxa Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah, 1(1).

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lisdayanti, N.P., Ardana, I.K. and Abadi, I.B.G.S., 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 4 Baturiti Di Kabupaten Tabanan. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Megawati, N.M.P., Suarni, N.K. and Sulastri, M., 2013. Penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).

Puspitawangi, K.R., Wibawa, I.M.C. and Pudjawan, K., 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).

Pranyandari, N.M., Negara, I.G.A.O., Ke, S.P.M., Suardika, I.W.R. and Si, M., 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbasis Concept Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kuta Utara Tahun Ajaran 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Ridwan Abdullah Sani, 2014Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, Jakarta, PT. Bumi Aksara,), h. 178-179

Santyasa. 2006. Penelitian Tindakan Kelas: Konsep dasar, Teknik Penyusunan Proposal, dan Sistematika Laporan Penelitian (makalah). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Sharon E. Smaldino, Deboran L Lowther, James D, Russel, 2011, Intrucsional Technilogy & Media For Learning Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar, Kencana , Jakarta.

Siregar, S., 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa pada Konsep Sistem Indra. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 3(2), pp.100-106.

Suherman, M. 2008. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa.

Wasitohadi. 2012 Mengembangkan Pendidikan Bermakna Di Indonesia dan Implikasi-Implikasinya.

Zainal Aqib, 2013, Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif), Bandung, CV Yrama Widya, h. 66.

Downloads

How to Cite

Yunita Hastuti, V., Sri Rahayu, T., & ., W. (2019). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Talking Stick dengan Pendekatan Saintifik. Journal of Education Action Research, 3(2), 185–192. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17306

Issue

Section

Artikel