Penerapan Teknik Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending dalam Pemecahan Masalah Hubungan Interpersonal

Authors

  • Made Sukri SMP Negeri 6 Singaraja, Singaraja-Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17372

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B2  SMP Negeri 6 Singaraja Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019  berjumlah 32 orang dengan rincian 16 laki-laki dan 16 perempuan. Obyek penelitian ini adalah hubungan interpersonal siswa kelas VIII B2. Variabel dalam penelitian ini adalah konseling eklektif dan hubungan interpersonal siswa kelas VIII B2. Instrumen penelitian ini adalah angket sosiometri. Data yang telah terkumpul dianalsis secara deskriptif. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Ada 4 bentuk hubungan interpersonal pada data awal dan siklus I,  yaitu kelompok I, II, III, dan IV.  (2) Dengan teknik konseling eklektif dengan perilaku attending, dapat mengubah bentuk hubungan interpersonal siswa kelas VIII B2 SMP Negeri 6 Singaraja dimana pada data awal dan siklus I terbentuk 4 kelompok selanjutnya pada siklus II menjadi 3 kelompok. (3) Dengan konseling eklektif dengan perilaku attending dapat menurunkan jumlah siswa yang mengalami penolakan/tidak disukai; dan (4) Dengan konseling eklektif dengan perilaku attending dapat meningkatkan jumlah siswa yang diterima di dalam hubungan interpersonal pada siswa kelas VIII B2 SMP Negeri 6 Singaraja.

References

Ajeng, Dhea. 2012. Indahnya Menjalin Hubungan Dengan Teman Sebaya. Diakses dari http://fauzulmuna-munacantik.blogspot.com/2012/05/indahnya-menjalin-hubungan-dengan-teman.html. Diunduh pada 22 Maret 2019.

Daradjat zakiah. 2000. Remaja dan Harapan dan Tantangan. Jakarta: Ruhama.

Fathonah, Eytti. 2014. Etika Pergaulan Dengan Teman Sebaya. Diakses dari (http://www.scribd.com/doc/16176402/Persepsi-Remaja-Terhadap-Kelompok-Teman-Sebaya-Dengan-Kecenderungan-Kenakalan-Remaja) Diunduh pada 22 Maret 2019.

Hasanah, Putri Rizki Ridlotun. 2018. Analisis Sosiometri Kepemimpinan Kepala Sekolah. Thesis. Magister Administrasi Pendidikan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta

Nita, Rahma Wira dan Ahmad Zaini.. 2017. Analisis Aplikasi Sosiometri untuk Pengungkapan Interpersonal Skill (Solusi Yang Ditawarkan Menuju Profesionalisme Guru Bk). Laporan Hasil Penelitian. Dimuat dalam Proceeding Seminar dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium dan Jurnal Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis KKNI, 4 – 6 Agustus 2017, Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Santrock, John W. 2007. Remaja. Jakarta: Erlangga

Septi Arnita. 2013. Menjalin Hubungan Dengan Teman Sebaya. Diakses dari http://septiarnita.blogspot.co.id/2013/06/menjalin-hubungan-dengan-teman-sebaya_6.html. Diunduh pada 22 Maret 2019.

Sukartini, Sri Patmah. (2003). Model Konseling Keterampilan Hidup untuk Mengembangkan Dimensi Kendali Pribadi yang Tegar. Disertasi Doktor pada PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Sukri, Made. 2018. Mengatasi Permasalahan dan Peningkatan Prestasi Belajar IPA Melalui Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending pada Siswa Kelas VIII B2 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 SMP Negeri 6 Singaraja. Laporan Hasil Penelitian.

Sukri, Made. 2019. Mengatasi Permasalahan dan Peningkatan Prestasi Belajar IPA Melalui Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending pada Siswa Kelas VIII B2 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 SMP Negeri 6 Singaraja. Artikel Ilmiah yang dimuat dalam Jurnal IKA Undiksha, Vol.17. No. 1. Maret 2019. ISSN 1829-5282. Hal.1-9.

Surya, Moh (1988), Dasar- Dasar Konseling Pendidikan (Konsep dan Teori),Yogyakarta: Kota Kembang

Woolfolk, Anita. 2009. Educational Psychology Active Learning. Edisi Kesepuluh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuanita, Sari. 2011. Fenomena dan Tantangan Remaja Menjelang Dewasa. Yogyakarta: Brilliant Books.

Yusuf, Syamsu LN. 2002. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2019-04-24

How to Cite

Sukri, M. (2019). Penerapan Teknik Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending dalam Pemecahan Masalah Hubungan Interpersonal. Journal of Education Action Research, 3(3), 215–223. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17372