Optimalisasi Penerapan Metoda Latihan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Pokok Menganalisis Teks Prosedur

Syarifah Syarifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: peningkatan kemampuan menganalisis teks prosedur melalui penerapan metoda latiha pada siswa kelas XI, MM Semester Ganjil SMK Negeri 41 Jakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus dimana rancangan tersebut dikelompokkan atas empat prosedur pengembangan, yang meliputi: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MM pada semester Ganjil yang berjumlah 31 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan pedoman lembar penilaian, tes hasil belajar, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara diskriftif dan hasil analisis tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah selama proses pembelajaran dan dilakukannya refleksi ternyata adanya peningkatan hasil belajar siswa, terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pokok menganalisis teks prosedur melalui penerapan metode belajar latihan dan hasilnya adalah: pada siklus I nilai rata–rata 76,3 dengan ketuntasan belajar sebesar 83,9%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 85,3 dengan ketuntasan belajar sebesar 100%. Simpulan dalam penelitian ini: penerapan metode pembelajaran latihan terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menganalisis teks prosedur terbukti dapat meningkatkan hasil belajar kelas XI.MM Semester ganjil SMK Negeri 41 Jakarta secara signifikan

Full Text:

PDF

References


Efendi Yusuf, Mohammad, dkk. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Standar Kompetensi Mengukur dengan Menggunakan Alat Ukur. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/. Diakses 14 Mei 2019.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jkaarta: Bina Aksara.

Idin, 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Drill di Kelas IV. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/6455/pdf. Diakses 14 Mei 2019.

Kusumawati dan Randi. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4, Nomor 1, April 2016, hlm 49 – 57.

Nurlawati, Ayu, dkk. 2016. Penerapan Metode Pasangan Berbagi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. http://ejournal.upi.edu/index.php/ . Diakses 14 Mei 2019.

Puspita Tri Astuti, Dyta. 2016. Pengaruh Metode Drill and Practice Didukung Media Kertas Berpetak terhadap Kemampuan Menentukan Jaring-Jaring Berbagai Bangun Ruang Sederhana pada Siswa Kelas V SD Pawyatan Daha Kediri. http://simki.unpkediri.ac.id. Diakses 14 Mei 2019.

Rahmadani, Putri. 2015. Penggunaan Metode Latihan (Drill) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas III C. Http://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/. Diakses 114 Mei 2019.

Sagala, Syaiful. 2007. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu. Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutiah. 2013. Peningkatan Hasil Belajarsiswa Melalui Metode Drill Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat dan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 165726 Tebing Tinggi. Jurnal Unimed ESJ Volume 5, No. 1, Juni 2016.

Wahyuni, Nida. 2013. Penggunaan Metode Drill dalam Pembelajaran Matematika. https://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/576/505. Diakses 14 Mei 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i3.17851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.