Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Bali melalui Model Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17972Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Bali dengan penerapan model discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi/evaluasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X JB1 SMK Negeri 4 Bangli tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian ini berupa data hasil belajar bahasa Bali yang dikumpulkan melalui tes tertulis. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif yaitu data dilakukan perhitungan kuantitatif dan dideskripsikan untuk memperoleh gambaran hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Bali siswa Kelas X JB1 SMKN 4 Bangli Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dilihat dari kenaikan nilai rata-rata hasil belajar bahasa Bali siswa dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar 72,43 dengan ketuntasan 66%, pada siklus II 76,57 ketuntasan 83%.References
Alfieri, L., Brooks, P. J., & Aldrich, N. J. 2010. Does Discovery-Based Instruction Enhance Learning? Journal Of Educational Psychology 2011, Vol. 103, No. 1, 1–18. New York: City University Of New York.
Anitah, S. 2009. Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Learning Resources Center FKIP UNS.
Aunurrahman. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Balım, A. G. 2009. The Effects Of Discovery Learning On Students’ Success And Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari Eurasian Journal Of Educational Research , 35, 1 20.
Budiningsih, A. 2005.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Cintia, Nichen Irma, Firosalia Kristin, & Indri Anugraheni. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan - Vol. 32 No. 1 Hal. 69-77. https://doi.org/10.21009/PIP.321.8.
Dahar, R. W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Degeng, S. 2001. Teori-Teori Belajar. Malang: Universitas Negeri Malang.
Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Balai Pustaka.
Hanafiah, N. & Suhana, C. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Herdian. 2010. Metode Pembelajaran Discovery. Http://Herdy07.Wordpress.Com/2010/05/27/ Metode-Pembelajaran-Discovery-Penemuan/. Diunduh : Tanggal 30-12-2013, Pukul 22.13 WITA.
Ilahi, M. T. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill. Jogjakarta: DIVA Press.
Jauhar, M. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Jollife, F. R. 1990. Assessment Of The Understanding Of Statistical Concept. ICOTS 3, Sessions C9-461.
Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru, Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kerlinger, F. N. 2000. Asas-Asas Penelitian Behavior. Terjemahan. Fondation Of Behavior Research, Oleh Simatupang, L. R & Koesomanto, H. J. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.
Mubarok, Chusni. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 03, No. 01, Hal. 215 – 221. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurkancana & Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Nur, M., & Wikandari, P. R. 2000. Pengajaran Berpusat Pada Siswa Dan Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Surabaya: UNESA.
Olufunmilayo, I. O. 2010. Comparative Effect Of The Guided Discovery And Concept Mapping Teaching Strategies On Sss Students Chemistry Achievement. Humanity & Social Sciences Journal. 5(1): 01-06.
Puspitadewi, Rizky, Agung Nugroho Catur Saputro, dan Ashadi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 3 Semester Genap SMA N 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/2016. JPK, Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 5 No. 4 Hal. 114-119. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/9361.
Rasana, I D. P. R. 2004. Keefektifan Model Pembelajaran Piaget Dan Konvensional Terhadap Kemampuan Komposisi Naratif Bahasa Bali Pada Siswa Kelas IV Dan VI SD 1 Sangsit Di Sawan. Disertasi (Tidak Diterbitkan). Program Pasca Sarjana Program Studi Teknologi Pembelajaran. Universitas Negeri Malang.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rosarina, Gina, Ali Sudin, Atep Sujana. 2016. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 Hal. 371-380. http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3043
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Bandung: Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sari, R. N. P. 2009. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Melalui Penerapan Metode Guided Inquiry-Discovery. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.
Slameto. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rhineka Cipta
Slavin, E. 1994. Educational Psychology: Theory And Practice. Massachusesttes: Allyn And Bacon Publishers.
Slavin, R E. 1995. Cooperative Learning 2ed. Needham Heights, Masaachuetts: Allyn And Bacon.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivistik dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran & Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Suryobroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suwija I Nyoman, dkk. 2013. Widya Sari. Basa Lan Sastra Bali 1. Untuk SMA/SMK. Denpasar: Rineka Cipta
Swaak, J., De Jong, T., & Van Joolingen, W. R. 2004. The Effects Of Discovery Learning And Expository Instruction On The Acquisition Of Definitional And Intuitive Knowledge. Journal Of Computer Assisted Learning, 20,225–234. Doi:10.1111/J.1365-2729.2004.00092.X
Widyatmoko, A. 2008. Belajar Penemuan. Artikel. Tersedia pada Http://Arifwidiyatmoko. Wordpress.Com/2008/07/29/Djerome-Bruner-Belajarpenemuan/ Diakses Tgl 15/08/2012.