Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru

Authors

  • Putu Suardana SD Negeri 1 Petak Kaja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17974

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Petak Kaja di kelas VI yang kemampuan siswanya untuk pelajaran permainan tolak peluru masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar permainan tolak peluru siswa kelas VI SD Negeri 1 Petak Kaja pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode demonstrasi. Metode pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 69,25, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,50 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 80,50. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mngalami peningkatan. Pada awal pembelajaran ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 45,00%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 75,00%, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar permainan tolak peluru siswa kelas VI semester II SD Negeri 1 Petak Kaja tahun pelajaran 2017/2018

References

Amir, M. Taufiq. 2008. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.

Anwar, K., & Khairina, S. L. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran Ipa Materi Pokok Zat Dan Wujudnya Di Kelas IV SD Negeri 064977 Bhayangkara T.P. 2013/2014. Jurnal Pendidikan , 1(1), 164–181.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi. Revisi VI. Rineka Apta,

Arum Pramityasari dan Siti Maisaroh. (2015). berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Dan Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Kebonagung Imogiri Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal PGSD Indonesia ISSN 2443-1656 Vol. 1 No. 1 April 2015.

Djamarah & Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Fatimah, Fatia. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah melalui Problem Based-Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 12: 249-259.

Fauzia, Hadist Awalia. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi PGSD FKIP Universitas Riau. Volume 7 Nomor 1.

Gallagher, C.A. 2000. An Iterative Approach To Classification Analysis. www.casact.org/library/ratemaking/90dp237.pdf.

Hakim, M. A. A., Sunarto, & Totalia, S. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Iis Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma N 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Sebelas Maret.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniawati, I. L. dan D. M. A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Kimia SMA Kelas X Dalam Materi Hidrokarbon. In Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Natalia. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Bantuan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 75–81.

Rahayu, Sri. 2013. Penerapan Metode Demonstrasi dan Latihan Soal untuk Meningkatkan Hasisl Belajar Matematika Siswa Kelas II. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/

Rerung, Nensy, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. E-Jurnal Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. Vol 6 No 1.

Sandhi Anna Mai. (2014). Peningkatan Kreativitas Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Gembongan Banjarnegara. Skripsi. S1. PGSD. Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14143

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group .

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudiatmika, I. M. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pada Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. In Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Sugiana, Aat. 2012. Penggunaan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Peahaman Siswa pada Konsep bangun Datar di Kelas V SDN Ciruas. Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. http://jurnal.upi.edu/

Sugiyanto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.

Wibawa, I. M. C. (2014). Pengaruh Beberapa Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep IPA Mahasiswa PGSD. In Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta: PT INDEKS.

Downloads

How to Cite

Suardana, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru. Journal of Education Action Research, 3(3), 270–277. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17974