Penerapan Pembelajaran Kooperatif NHT Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Basket

Authors

  • Gede Hendri Setiawan STKIP Agama Hindu Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.18730

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bola basket melalui penerapan model pembelajaran kooperatif NHT pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu guru sebagai peneliti. Dilaksanakan sebanyak dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada berjumlah 34 siswa, terdiri dari 20 siswa putra dan 14 siswa putri. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil data untuk aktivitas belajar bola basket pada observasi awal 5,59 (kurang aktif), dan siklus I menjadi 7,1 (aktif) dan pada siklus 2 meningkat menjadi 8,8 (aktif) . Sedangkan persentase hasil belajar Bola Basket dari observasi awal sebesar 62,2% (kurang), pada siklus I 72,2% (Cukup baik) dan 81,7% (baik) pada siklus II. Berdasarkan analisis data pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa bola basket meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2017/2018. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, karena terbukti efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

References

Agung, A. A. Gede. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Depdiknas, 2006. Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pedidikan Jasmani. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Eka, Juniarsih I Putu. 2013. Penerapan NHT Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Passing Bola Basket. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiartha Edy, I Made. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Control Sepak Bola pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kubu. Singaraja: Universitas pendidikan Ganesha.

Sulaksana Nyoman, Dewa. 2011. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Shoting pada siswa kelas X 2 SMA Negeri 3 Singaraja. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Downloads

How to Cite

Setiawan, G. H. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif NHT Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Basket. Journal of Education Action Research, 2(4), 433–438. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.18730