Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Belajar

Ketut Sandiasa

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang berlangsung sehingga terjadi peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Abang tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini 30 orang siswa sebagai sumber data. Data hasil belajar dikumpulkan dengan metode tes dengan perangkat tes 15 butir. Data tentang motivasi belajar matematika dikumpulkan dengan metode kuesioner yang terdiri dari 10 butir.  Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan kriteria keberhasilan tindakan rata-rata hasil belajar matematika minimal 76,00% dan ketuntasan belajar minimal 85,00%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Pada observasi awal rata-rata hasil belajar matematika siswa 69,20 dengan ketuntasan belajar 50% meningkat pada siklus I menjadi 75,80 dengan ketuntasan belajar 66,70%. Pada sikklus II meningkat menjadi 87,10 dengan ketuntasan belajar 93,30%. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dapat meningkatkan motivasi belajar matematika. Untuk variabel motivasi belajar pada siklus I memiliki rata-rata sebesar 75,10 dengan kategori sedang, dan pada siklus II dengan rata-rata 87,10 dengan ketegori tinggi. Berdasarkan hasil analisis tampak bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 16,00% dari kualifikasi sedang menjadi kualifikasi tinggi.

Full Text:

PDF

References


Agung. A. A. G. 2018. Konsep dan Teknik Analisis Data Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, 2004. Petunjuk Teknis Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Direktorat Pendidikan dasar dan Menengah.

Djamarah, S. B. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, O. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Lasmawan, I W. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. (PTK). Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Marhaeni, AAIN. 2005. Pengaruh Asesmen Portofolio dan Motivasi Berprestasi dalam Belajar Bahasa Inggris Terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Inggris (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Negeri Singaraja, 2004). Desertasi: IKIP Negeri Jakarta.

Murwansyah dan Mukaram. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pusat Penerbit Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung, Indonesia.

Puger, K. 2004. Belajar dan hasil belajar. Bandung: Sinar Baru.

Puspawati. 2010. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas III SMP Negeri 3 Mendoyo (Eksperimen pada Pokok Bahasan lingkaran). Tesis. Program Pascasarjana IKIP Negeri Singaraja.

Slameto. 1989. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Bina Aksara.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.

Sujana, N. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i3.19221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.