Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS

Authors

  • Ni Ketut Patri SMP Negeri 2 Kubu

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.21100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Kubu semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan menrapkan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebanyak 38 orang. Data tentang prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes dalam bentuk uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa. Dilihat dari rata-rata prestasi belajar pada refleksi awal terjadi peningkatan pada siklus I dari 64,08 sebesar 9,87 (13,35%) menjadi 73,95 dengan peningkatan ketuntasan klasikal dari 60,53% meningkat sebesar 13,15% menjadi 73,68%. Dilihat dari perbandingan hasil post-test prestasi belajar pada siklus I dan siklus II  terjadi peningkatan sebesar 11,58 (13,54%) dengan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 15,79%.

 

Kata Kunci: Team Assisted Individualization, Prestasi Belajar

References

Anwar, Saifuddin. 2005. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Dorektorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Diani, Rahma. 2018. Pengaruh Model Rms (Reading, Mind Mapping And Sharing) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Pokok Bahasan Impuls Dan Momentum . JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) Vol. 5 No. 1 Januari 2018

Fitriani, Cut. 2017. Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts Muhammadiyah Banda Aceh . Jurnal Magister Administrasi Pendidikan ISSN 2302-0156 Pascasarjana Universitas Syiah Kuala

Hopkins, David. 2011. Panduan Guru Penelitian Kelas (A Teacher’s Guide To Classroom Research). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Gunarso, Arif. 1993. Bagaimana Bimbingan da Penyuluhan Belajar di Sekolah. Surabaya : Usaha Nasional.

Isjoni. 2012. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Johnson, David W., Johnson, Roger T., & Holubec, Edythe Johnson. 2010. Colaborative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Sukses Bersama. Bandung: Nusa Media.

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan . Jurnal Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Juli 2015,

Purwanto. 1986. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Downloads

How to Cite

Patri, N. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Journal of Education Action Research, 3(3), 307–315. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.21100