Implementasi Model Bamboo Dancing Berbantu Media Name Card dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.21794Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran bamboo dancing berbantu media name card terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 01 dan SDN 03 Puri Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 dan SDN 03 Puri yang masing-masing berjumlah 20 siswa dengan mengunakan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini didapatkan dari observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung sebesar 2,625 sedangkan ttabel dengan db = N-1 = 20-1 = 19, dan taraf signifikan 0,05 sebesar 2,024 . Karena thitung >ttabel yaitu 2,625 > 2,024 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran bamboo dancing berbantu media name card efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 03 Puri Pati sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bamboo dancing berbantu media name card dapat digunakan sebagai salah satu alternative guru dalam mengajar.
Kata Kunci: model bamboo dancing, media name card, hasil belajar siswa.
References
Arikunto, Suharsimi.2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran .Jakarta: rajagrafindo persada.
Ariyani, Cika Oktafiana. 2018. “Keefektifan Model Pembelajaran Bamboo Dancing Berbantu Media Kartu Pintar Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPASiswa Kelas IV SDN Wanusobo Jepara”. Skripsi : Universitas PGRI Semarang.
Candani, Dea Wahyu. 2015. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Kelas V Pada SDN 5 Pahandut PalangkarayaTahunPelajaran2014/2015”.http://perpus.umpalangkaraya.ac.id/digilib/files/disk1/4/123-dfadf-deawahyuca-180-1-skripsi-i.pdf. Diakses pada tanggal 24 September 2018.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: pustaka pelajar
Musvitasari, Nike Amalia. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V SD Negeri Mlatiharjo 02 Semarang”. Skripsi : Universitas PGRI Semarang.
Nurseto, Tejo. 2011. Membuat media pembelajaran yang menarik. http://perpus.umpalangkaraya.ac.id/digilib/files/disk1/4/123-dfadf-deawahyuca-180-1-skripsi-i.pdf. Diakses pada tanggal 12 November 2018.
Rusman.2014.Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta: bajagrafindo persada
Santiva, Denianto Yoga.2012.Penggunaan media kartu untuk meningkatakan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 1 SMA Kolombo Sleman Yogyakarta.http://eprints.uny.ac.id/23389/1/jurnalpenggunaan%20media%20kartu-hasilbelajar.pdf. Diakses pada tanggal 17 Januari 2019
Soegeng, A. Y.2017.Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Shoimin, Aris.2014.68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 . Yogyakarta: ar-ruzz media.
Sugiyono.2017.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: Alfabeta.
Sudjana.2005.Metoda Statistika.Bandung: Tarsito.
Susanto, Ahmad.2016.Teori Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: prenadamedia group
Slameto.2013.Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi.Jakarta: rineka cipta
Susilana, Rudi&Riyana, Cepi.2017.Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian).Bandung: wacana prima
Suprijono, Agus.2016.Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem.Yogyakarta: pustaka pelajar.
Sudjana, Nana.2010.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya Offset