Penerapan Model Pembelajaran Mastery Laerning Melalui Gabungan Supervisi Individual dan Supervisi Akademik Dibantu dengan Supervisi Manajerial Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru

Authors

  • I Wayan Jiwa SD Negeri 1 Serongga

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.21795

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Serongga Kecamatan Gianyar. Tujuan penulisan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui apakah supervisi akademik dan supervisi manajerial dapat meningkatkan kemampuan guru SD Negeri 1 Serongga, dalam melaksanakan proses pembelajaran menggunakan model Mastery Learning. Metode pengumpulan datanya adalah observasi. Metode analisis datanya adalah deskriptif untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa supervisi klinik dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam melaksanakan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Mastery Learning Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I meningkat rata-ratanya menjadi 80,00 dari data awal dan pada Siklus II naik rata-ratanya menjadi 87,1 dari Siklus I.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah supervisi akademik dan supervisi manajerial dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam melaksanakan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Mastery Laerning. 

Kata Kunci: Supervisi Akademik dan Supervisi Manajerial, Mastery Learning.

References

Ansyori, Ahmad. 2005. Penelitian Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) Terhadap Pelayanan Kesehatan di Pelaksana Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (PPK Tk. I) PT. Jamsostek (Persero) Se-Medan Raya. www.pamjaki.org/new/download/download.php? file=practice 315 b.pdf.

Arikunto Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, Sukardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Astuti. Suhandi. 2016. Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Administrasi Penilaian di SD Laboratorium UKSW. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan UKSW Vol 6 No 1.

Azhar, Lalu Muhammad. 1996. Supervisi Klinis. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.

Cogan, Moris L. 1973. Clinical Supervision. Boston: Houghton Mifflin, Co.

Danim, Sudarwan. 2007. Visi Baru Manajmen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitriani, Cut. 2017. Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts Muhammadiyah Banda Aceh . Jurnal Magister Administrasi Pendidikan ISSN 2302-0156 Pascasarjana Universitas Syiah Kuala

Joni, Syarwan, dkk. 2016. Pelaksanaan Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah Pada Sekolah Menengah Atas Swasta di Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Vol 4 No 1.

Setiawat, Nanda Ayu. 2017. Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa . Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017

Shabir U, M. 2015. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: (Tugas Dan Tanggung Jawab, Hak Dan Kewajiban, Dan Kompetensi Guru) . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 221-232

Yamin, Monawatidan M.. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Studypada Penjumlahan Pecahan Di Kelas Iv Sdn Lamsayeun . Jurnal Pesona Dasar Universitassyiah Kuala Vol. 3 No.4, Oktober 2016

Downloads

Published

2019-11-06

How to Cite

Jiwa, I. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Mastery Laerning Melalui Gabungan Supervisi Individual dan Supervisi Akademik Dibantu dengan Supervisi Manajerial Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru. Journal of Education Action Research, 3(4), 324–330. https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.21795