Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya

I Nengah Puspahita

Abstract


Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Seni Budaya melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) tahun pelajaran 2018/2019 di Kelas XII IPS 1  SMA Negeri 1 Penebel yang berjumlah 24 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang yang dilakukan dalam dua siklus dan ditiap siklusnya ada empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terjadi penigkatan persentase ketuntasan belajar di kelas dari 37,50% pada prasiklus menjadi 66,66% pada siklus pertama, dan meningkat menjadi 91,66% pada siklus kedua. Dan terjadi peningkatan juga pada rata-rata prestasi belajar Seni Budaya siswa dari 63,12 pada tahap prasiklus, menjadi 69,79 pada siklus pertama, dan 76,45 pada siklus kedua. 

Kata Kunci: NHT (Numbered Head Together) prestasi belajar Seni Budaya


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Agung, A.A. Gede. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Analisis Data dalam PTK). Makalah disajikan pada Workshop Jurusan PGSMA. Singaraja: Undiksha.

Ahmad Susanto. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.

Aisyah, Siti, dkk. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Alma, Buchari. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi 2. Bandung: Alfabeta.

Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan SMA dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Anita Lie. 2004. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di. Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : PT. Grasindo.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Dewi, I. G. P., Selamat, I. N., & Suardana, I. N. (2019). Studi Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dan Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Topik Struktur Atom. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 50-58.

Firdaus, Muhamad. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Formatif 6(2): 93-99, 2016 ISSN: 2088-351X.

Fridani Lara, Wulan dkk. 2009. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Sulfani, Ridha. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Watampone (Studi pada Materi Pokok Struktur Atom, Sistem Periodik Unsur dan Bentuk Molekul). Jurnal Chemica Vo/. 17 Nomor 1 Juni 2016, 1- 13.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i4.21800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.