Upaya Meningkatkan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pengolahan Rumput Laut Sub Materi Pengolahan Selai Rumput Laut Melalui Model Pembelajaran ”Project Work”
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.21801Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada kompetensi pengolahan rumput laut sub materi pengolahan selai rumput laut pada siswa SMK Negeri 2 Negara, Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan. Subyek penelitian siswa kelas XI APHP 1 SMK N 2 Negara Tahun Pelajaran 2017/2018 sejumlah 36 siswa. Penelitian dilakukan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum siklus 1 pembelajaran dilaksanakan secara konvensional dan pada siklus 1 dan 2 pembelajaran dilaksanakan dengan model Project Work. Data yang digunakan pada setiap siklus adalah nilai hasil tes praktik dan angket tentang motivasi belajar yang dibagikan ke semua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Project Work dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai tes praktik terjadi kenaikan dari semula 6,30 menjadi 7,20 pada siklus 1, dan pada siklus 2 menjadi 7,81. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal sebanyak 72,22 % siswa memiliki motivasi sedang dan 27, 77 % siswa memiliki motivasi tinggi, pada siklus 1 ditemui sebanyak 91,67 % siswa memiliki motivasi tinggi dan 8,33 % motivasinya sangat tinggi, sedangkan pada siklus 2 terdapat 5,55 % siswa memiliki motivasi tinggi dan 94,44 % memiliki motivasi sangat tinggi.
Kata Kunci: Metode Project Work, peningkatan motivasi, hasil belajar.
References
Arikunto, Suharsimi & Suhardjono & Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara
Depertemen Pendidikan Nasional. 2004. Buku 3 Materi pelatihan terintegrasi. Jakarta: Bagian Proyek Pengembangan Sistem dan pengendalian Program.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Bahan Bimbingan Teknis Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan SMK. Jakarta: Direktorat Pengembangan SMK
Kamdi, W. (2012). Implementasi Project-Based Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 17(1), 98-110.
Luthvitasari, N., DP, N. M., & Linuwih, S. (2013). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek pada Keterampilan Berpikir dan Kemahiran Generik Sains. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 2(1).
Marianti, A., Christijanti, W., & Isnaeni, W. (2013). Pembelajaran Berbasis Projek dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar sebagai Model Perkuliahan Fisiologi Hewan. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 10, No. 1).
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21?. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48-55.
Mudjiman, Haris. 2006. Belajar Mandiri (Self-Motivated Learning) . Solo: LPP
Nur, Mohamad. 2001. Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Surabaya: UniversitasNegeri Surabaya.
Uno, Hamzah B. 2006. Teori Motivasi & Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning, Theory, Research, and Practice. Needham Heights, Massachusetts: Allyn and Bacon.
Sofyan, H. (2006). Implemetasi Pembelajaran Berbasis Proyek pada Bidang Kejurua. Cakrawala Pendidikan, (2).
Sukarman, Herry.2003. Dasar-dasar Didaktik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.
The George Lucas Educational Foundation .2005. Instructional Module Project Based Learning. Diambil pada tanggal 20 Maret 2010 darihttp://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php
Utami, R. P., Probosari, R. M., & Fatmawati, U. M. I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi, 4(1), 47-52.