Penggunaan Pendekatan Ilmiah dan Pendekatan Klinis dengan Supervisi Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melakukan Inovasi Proses Pembelajaran, Penilaian Hasil Belajar, Evaluasi Proses Pembelajaran dan Tindak Lanjut Pelaksanaan Proses Pembelajaran

I Wayan Gumiarta

Abstract


Dalam melakukan tugasnya kualitas guru-guru terfokus pada 2 hal yaitu komitmen dan kemampuan. Bisa suatu ketika guru mempunyai komitmen tinggi tetapi kemampuannya kurang mendukung (misalnya keadaan sakit), maka kualitas guru menurun. Sebaliknya bisa saja komitmennya rendah tapi semangatnya tinggi sehingga motivasi yang dilakukan juga tinggi. Peneliti merasa sangat perlu adanya supervisi tentang kegiatan guru karena supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru-guru arahannya seperti tuntutan-tuntutan oleh kepala sekolah di satu pihak sedangkan di pihak guru-guru, di dalam diri mereka ada suatu kemampuan untuk menjalankan atau tidak melaksanakan tuntutan kepala sekolah. Penelitian tindakan dalam bidang supervisi yang penulis gunakan adalah kombinasi antara pendekatan ilmiah dengan pendekatan klinis. Teknik supervisi yang digunakan adalah kombinasi antara teknik supervisi individual, pertemuan dan pendapat siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan tipe isian. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan melalui 2 siklus. Siklus I dengan supervisi individual, pertemuan formal, pendapat siswa. Siklus ke II supervisi individual, pertemuan formal dan pendapat siswa. Keberhasilan yang dicapai adalah  meningkatnya kemampuan guru-guru dari awalnya rata-rata hanya mencapai 75,22, pada siklus I telah meningkat menjadi 80,33 dan pada siklus ke II meningkat menjadi 89,22. 

Kata Kunci: Pendekatan Ilmiah, Pendekatan Klinis, Supervisi Pengajaran, Kemampuan Melakukan Inovasi Proses Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Ali Imron, 1995. Pembinaan Guru Indonesia, Penerbit Pustaka Jaya: Malang.

Ali, Muhammad, 1983, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Penerbit Sinar Baru: Bandung.

Arikunto, Suharsini, 1992, Prosedur Penelitian, PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Aziz Hoesein, Abdul, 1995, Karya Tulis Ilmiah Dibidang Pendidikan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dantes, Nyoman, 2000, Peningkatan Pembangunan Pendidikan Menyongsong Otonomi Daerah, PGRI Pengurus Daerah Tingkat I Bali.

Depdiknas, 2008. Kompetensi Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Depdiknas, 2009. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Menusia.

Faizal, Sanafiah dan Mulyadi Guntur Waroso. 1982. Metodologi PEnelitian Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Hendiyat Soetopo & Wasty Soemanto, 1988, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, PT. Bina Aksara Jakarta.

Ine I. Yousda & Zainal Arifin, 1993, Penelitian dan Statistik Pendidikan, Penerbit Bumi Aksara: Jakarta.

Kartini Kartono, 1992, Psikologi Wanita, Jilid I, CV. Mandar Maju: Bandung.

Sabandi, Ahmad. 2013. Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Ilmu PendidikanVolume XIII No.2 November 2013

Sirait, Erlando Doni. 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika . Jurnal Formatif 6(1): 35-43, 2016 ISSN: 2088-351X




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i4.21802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.