Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Melalui Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op

I Nyoman Mantra

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 6 Ketewel di Kelas V yang kemampuan siswanya untuk materi Pelajaran Agama Hindu masih tergolong  rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas V SD Negeri 6 Ketewel tahun pelajaran 2017/2018 melalui pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op. Rancangan penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dua siklus. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Co-Op Co-Op dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya dengan nilai rata-rata 70,71 pada siklus I menjadi 74,86 dan pada siklus II mengalamipeningkatan yang cukup signifikan yaitu menjadi 79,57.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op dapat meningkatkan prestasi belajar. 

Kata Kunci: model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op, prestasi belajar Agama Hindu.


Full Text:

PDF

References


Ayuwanti, Irma. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.

Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Depdiknas. 2002. Co-Op Co-Op. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Fernandes, H.J.X. 1984. Testing and Measurement. Jakarta. National Education Planning, Evaluation and Curriculum Development.

Irawati, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op Dengan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTsN Angkup Aceh Tengah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi Volume 2 Nomor 1.

Pravitasari, Sella Novita . Studi Tentang Komunitas Agama Hindu Di Desa Wajak Kidul, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung . Jurnal Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 06 Tahun 2017 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara Pgri Kediri

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Slamet. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Cet. IV. Jakarta: Rieneka Cipta.

Syafi’I, Ahmad. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi . Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018

Thamimi dan Yuver pada tahun 2017 yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CO-OP CO-OP Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas X. Jurnal Edukasi, Vol. 15, No. 2, Desember 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i4.21866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.