Penerapan Pendekatan Kasih Sayang dengan Metode Pembiasaan Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu

I Wayan Matera

Abstract


Lokasi penelitian ini adalah di SD Negeri 3 Ketewel. Penelitian Tindakan Kelas ini diupayakan untuk mengetahui apakah pendekatan kasih sayang dengan metode Pembiasaan dapat meningkatkan hasil belajar Agama Hindu siswa Kelas V SD Negeri 3 Ketewel. Dalam mengumpulkan data hasil penelitian ini penulis menggunakan Metode Test pada siswa. Dalam menganalisis data yang telah diperoleh, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif/ kuantitatif. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis, diperoleh peningkatan hasil dari awalnya baru mencapai Rata-rata 70,5, pada siklus I meningkat menjadi Rata-rata 74,25, dan pada siklus II sudah meningkat sesuai harapan yaitu mencapai Rata-rata 79,25. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan. pada pertemuan awal presentase ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 45% atau hanya 11 siswa yang tuntas. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu mencapai 70,00% atau 14 siswa telah tuntas, dan pada siklus II peningkatan ketuntasan belajar siswa cukup signifikan dengan mencapai 95% atau 20 siswa dari 19 siswa telah tuntas dalam mengikuti pembelajaran Agama Hindu. Dari hasil yang diperoleh tersebut dapat disampaikan simpulan bahwa Pendekatan kasih sayang dengan metode pembiasaan mampu meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas V yang belajar pada Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019.  

Kata Kunci: Pendekatan Kasih Sayang dengan Metode pembiasaan, Hasil Belajar Agama Hindu


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi.2006. Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

B. Uno, H. Dkk. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Hasil belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik U. 1999. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasan Fauzi Maufur. 2009. Sejuta Jurus Mengajar dan Mengasyikan. Semarang: PT. Sindua Press.

Joyce Bruce. Et al. 2000. Models of Teaching. 6th Ed. Allyn & Bacon: London

Kemmis, S. and McTaggart, R.1988. The Action Researh Reader. Victoria, Deakin University Press.

Khabibah. 2006. Meningkatkan Hasil Belajar . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lie, A. 2007. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Monawati. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Studypada Penjumlahan Pecahan Di Kelas Iv Sdn Lamsayeun . Jurnal Pesona Dasar Universitassyiah Kuala Vol. 3 No.4, Oktober 2016

Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: RoSDakarya.

Pravitasari, Sella Novita. 2017. Studi Tentang Komunitas Agama Hindu Di Desa Wajak Kidul, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung . Jurnal Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 06 Tahun 2017 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara Pgri Kediri

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru.Jakarta: Rajawali Pers.

Slamet. 2000. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukriadi. 2018. Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melaksanakan Shalat Lima Waktu Di Madrasah Aliyah Darul Ulum Kec. Toili Kab. Banggai. Jurnal Ilmiah IQRA IAIN Manado Volume 12 Nomor 1.

Supardi, 2005. Pengembangan Profesi dan Ruang Lingkup Karya Ilmiah. Jakarta: Depdiknas.

Suryabrata, Sumadi. 2000. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wardani, I. G. A. K Siti Julaeha. Modul IDIK 4307. Pemantapan Kemampuan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i4.21868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.