Implementasi Tindak Lanjut Hasil Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis TIK Melalui Pembimbingan dengan Shoping

Nyoman Sudiana

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek 26 orang guru di SMP Negeri 2 Sukasada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran berbasis TIK melalui pembimbingan, dilaksanakan dengan inovasi menggabungkan metode  workshop dan mentoring (shoping). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data nilai kompetensi guru dikumpulkan dengan lembar observasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan kompetensi guru dari nilai rata-rata 53,4 dengan ketuntasan 42,3 % pada siklus awal menjadi nilai rata-rata 65,5 pada siklus I dengan  kenaikan 12,1 atau 18,5% dan ketuntasan 76,9%. Pada siklus II rata-rata nilai kompetensi guru naik 9,3 atau 12,4% menjadi 74,8 dengan ketuntasan 88,5%. Tanggapan guru berdasarkan kriteria yang ditetapkan terhadap pembimbingan dengan metode  workshop dan mentoring yang dsebarkan melalui angket adalah sangat positif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan kompetensi guru dalam pembelajaran berbasis TIK di SMP Negeri 2 Sukasada dapat dinyatakan meningkat melalui pembimbingan dengan metode workshop dan mentoring (shoping)

Keywords


supervisi akademik; kompetensi guru; pembelajaran berbasis TIK; ‘ Workshop; Mentoring

Full Text:

PDF

References


Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penulisan. Yogyakarta: Andi Offset.

Depdiknas. 2011. Supervisi Akademik. Suplemen Materi pelatihan Penguatan

Kemampuan Pengawas Sekolah. Jakarta: BPSDMP

Heriyansyah. 2018. Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.I, No.1, Januari 2018

Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika Volume 3 Nomor 1, Maret 2015

LPPKS, 2011. Tekonologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran

Surakarta: LPPKS

Nugraha Dwi Putra, “The History of Mentoring Word,” artikel dari http://www.mentoringindonesia.com

Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah: Jakarta. Direktorat Jenderal Manajemen.

Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Bina Dharma..

Yudana, I Made. 2011.“Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru” Buku Ajar Referensi Mata Kuliah Analisis Program Dan Teknik Supervisi Pendidikan. Pasca Sarjana Undiksha.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i4.22332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.