Penerapan Metode Reward untuk Meningkatkan Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan Materi Peluang Usaha

Authors

  • Mokh. Arras Rokhmadi Smk Negeri 1 Dlanggu

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.22333

Keywords:

Penggunaan Metode reward, Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatan hasil belajar kewirausahaan siswa dengan metode reward di Smkn 1 Dlanggu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan empat langkah yaitu: 1) perencanaan (plan), 2) tindakan (act) 3). pengamatan (observe), 4) refleksi (reflect). Empat tahap tersebut dilakukan dengan dua siklus penelitian. Berdasarkan hasil penelitian selama dua siklus menunjukan, adanya peningkatan hasil belajar kewirausahaan dalam mebuat produk kreatif dan menyelesaikan soal yang diberikan kepada 34 siswa. Hasil analisis data selama siklus I dan II dapat disimpulkan: (1) siklus pertama jumlah siswa yang mempunyai kreatifitas berdasarkan observasi 70% yaitu u sebanyak 19 siswa dan pada (2) siklus ke dua meningkat menjadi 90% yaitu sebanyak 25 siswa.  Hasil belajar dari tes kewirausahaan siswa (1) siklus pertama jumlah  siswa yang menjawab benar 70% yaitu sebanyak 15 siswa dan pada siklus ke dua (2) meningkat menjadi 92% yaitu sebanyak 19 siswa.  Dari hasil penelitian diambil simpulan bahwaPeningkatan keaktifan siswa dalam belajar kewirausahaan. 2. Tindakan pendampingan membantu siswa yang mengalami kesulitan di saat membahas / mendiskusikan masalah dengan teman sebangku dan pemberian kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan meningkatkan perhatian dalam mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung. 3.Tindakan memberikan motovasi dan keadaan yang menyenangkan akan di teriam lebih cepat. 4.Keaktifan siswa dalam kerja sama dapat menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi bagi siswa yang mempunyai tingkat intelegensi rendah.

References

Arikunto, Suharsimi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. PT. Rineka Cipta. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Aqib, Zainal, (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Untuk : Guru. Bandung: Yrama Widia

Budiman, Haris . 2017. Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan . Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, Mei 2017

Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Empat. Jakarta: Gramedia Pustaka

Djamarah, Syaiful Bahri. 2018. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mudjiono dan Damayanti. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta

Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduan. 2015. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru dan Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Patmanthara, Syaad. 2012. Analisis Pelaksanaan Uji Online Pada Kompetensi Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Dan Kesiapan Infrastruktur Di SMA Kota Malang . Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Volume 19, Nomor 1, April 2012

Restiyani, Rusi. 2014. Profil Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Media Dan Sumber Pembelajaran Oleh Guru Biologi . Jurnal Edusains. Volume Vi Nomor 01 Tahun 2014.

Sutama. 2010. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS dan PTBK. Semarang: Citra Mandiri Utama.

Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK dan R & D.Kartasura: Fairus Media.

Sadirman. 2011. Interaksi dan Msotivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Shoimin, Aris.2014. Kurikulum Program studi Pendidikan Akuntansi Univ. PGRI Palembang

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Rokhmadi, M. A. (2019). Penerapan Metode Reward untuk Meningkatkan Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan Materi Peluang Usaha. Journal of Education Action Research, 3(4), 418–425. https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.22333