Penerapan Model Konseling Behavioral Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Intraception Siswa

Ni Md Sumarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Self Intraception siswa kelas IX E semester I SMPN 2 Kuta Utara tahun pelajaran 2019/2020 setelah diterapkannya Model Konseling Behavioral teknik modeling. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX E semester I yang berjumlah 38 orang siswa. Data Self Intraception dikumpulkan dengan lembar kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model konseling behavioral teknik modeling untuk meningkatkan Self Intraception siswa kelas IX E SMPN 2 Kuta Utara semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Rata-rata Self Intraception siswa pada siklus I = 145,68 meningkat menjadi 171,11 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan klasikal siklus I = 81,58% meningkat menjadi 100% pada siklus II.


Keywords


Model Konseling Behavioral Teknik Modeling; Self Intraception

Full Text:

PDF

References


Abimanyu, S & Manrihu, M.T. (2009). Teknik dan Laboratorium Konseling. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Agung, A. A. G. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Arintoko, S. 2011. Wawancara Konseling di Sekolah. Andi. Yogyakarta.

Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta; Andi.

Dharsana, Ketut. 2010. Diktat Konseling Karir dan Problematika Konseling. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Dharsana. 2014. Model-model Teori, Teknik, Skill Bimbingan Konseling untuk Penuliasan RPBK, Proposal, Skripsi, Tesis. Denpasar.

Engkoswara. 1988.Dasar-dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti. Depdikbud RI.

Hendrawan, Putu Iwan. 2015. Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling (Symbolic Model) Untuk Meningkatkan Self Endurance Siswa Kelas X 2 di Sma Negeri 1 Seririt Tahun Pelajaran 2014/2015. E-Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha Volume 3 Nomor 1.

Hutomono, S. 2011. Observasional Learning: Metode Psikologis Yang dilupakan dalam Psikologis Olahraga”. Jurnal Ilmiah SPIRIT. 11, (2), 25-35

Komalasari, dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta : PT. Indeks.

Mikarsa, dkk. 2008. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nursalim, M. (2005). Strategi Konseling. Surabaya: UNESA

Pigura.2014. Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meminimalisir Perilaku Agresif Siswa Kelas XI Bahasa di SMA Negeri 2 Singaraja. Skripsi. Tidak diterbitkan. Jurusan BK FIP UNDIKSHA.

Prabowo, Arga Satrio, Wening Cahyawulan. 2016. Pendekatan Behavioral: Dua Sisi Mata Pisau. Jurnal Bimbingan Konseling 5(1) Hal. 15-19. Tersedia Pada: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/1620.

Purwanta, Edi. 2005. Modifikasi Perilaku. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Rosjidan. 1988. Pengantar Teori-teori Konseling. Jakarta: Depdikbud.

Shaleh, A. R. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Prespektif Islam. Jakarta: Kencana.

Usman, Irvan, Meiske Puluhulawa, Mardia Bin Smith. 2017. Teknik Modeling Simbolis dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Proceeding Seminar dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium dan Jurnal Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis Kkni Hal. 84-92. Tersedia Pada: http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/viewFile/1273/647.

Willis, Sofyan S. 2011. Remaja & Masalahnya. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i4.22479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.