Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Suhu dan Kalor

Nyoman Sudiarta

Abstract


Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini diawali dengan pengamatan yang dilakukan Peneliti terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA 2 pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 terhadap mata pelajaran fisika tentang suhu dan kalor masih dibawah rata-rata, dan tingkat ketuntasan siswa belum mencapai standar nilai sesuai yang diharapkan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ubud dengan subjek 35 orang siswa kelas XI MIPA 2 Semester Ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu: untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Ubud. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tindakan (action research) atau siklus sebanyak dua siklus, dimana setiap siklusterdiri dari empat tahap yaitu: 1) Rancangan (Planning), 2) Pelaksanaan kegiatan dan Pengamatan (Acting), 3) Observasi (Observing), dan 4) Refleksi (Reflecting). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa: 1) hasil belajar fisika siklus I adalah 79 dan 2) hasil belajar fisika siklus II adalah 82. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar fisika bagi siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Ubud tahun pelajaran 2017/2018 dengan baik

Keywords


model pembelajaran Problem Based Learning (PBL); hasil belajar fisika.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman dan Bintoro. 2000. Memahami dan Menangani Siswa dengan Problema Belajar. Jakarta: Depdiknas.

Agung, Iskandar. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari. Buana Murni.

Arikunto, Suharsimi. 1991. Pengelolaan Kelas dan Siswa, Sebuah Pendekatan Evaluatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1). Tersedia Pada: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2906/2934.

Firmansyah, A., Kosim, & Ayub, S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen pada Materi Cahaya terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Gunungsari Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3):154-159.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mundilarto. 2002. Kapita Selekta Pendidikan Fisika. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY.

Nafiah, Yunin Nurun. 2014. Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 1 Hal. 125-143. Tersedia Pada: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/2540.

Novitri, Melin, dkk. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Kelas VIII.8 SMPN 1 Kota Bengkulu. E-Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Volume 4 Nomor 2.

Parasamya, Cut Eka, dkk. 2017. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). E-Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika Unsyah. Volume 2 Nomor 1.

Shofiyah, Noly, Fitria Eka Wulandari. 2018. Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), Vol. 3, No. 1, Hal. 33-38. Tersedia Pada: http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppipa.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suastra, I Wayan. 2006. Belajar dan Pembelajaran Sains (Buku Ajar). Singaraja: Undiksha.

Susilo, A.B., Wiyanti, & Supartono. 2012. Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berfikir Kritis Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 1(1):12-20.

Usman, Uzer, M. 2002. Menjadi Guru Profesional, Edisi kedua, cetakan ke empat belas. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Wiseman, F.L. 1981. “The Teaching of College Chemistry: Role of Student Development Level”. Journal ofChemical Education, 58(6) : 484-488.

Zuriah, N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial, Edisi pertama. Malang: Bayu Media Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i4.22664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.