PENERAPAN MODEL PPEMBELAJARAN MAKE-A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA TEMA PENGALAMANKU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23433Keywords:
Model Pembelajaran Make-A Match, Prestasi Belajar.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas I SD Negeri 4 Kaliuntu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Make-A Match siswa kelas I di SD Negeri 4 Kaliuntu, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I di SD Negeri 4 Kaliuntu, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 31 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar evaluasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode analisis stasistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran Make-A Match dapat meningkatkan kemampuan prestasi belajar siswa kelas I di SD Negeri 4 Kaliuntu, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019. Pada siklus I rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 63,84 pada kategori kurang dan meningkat menjadi 80,19 pada siklus II yang berada pada kategori baik.
References
--------. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Agung, A. A. Gede. 2005. Metodelogi penelitian pendidikan. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.
Dewey Jonh, 2000. Berpikir adalah bertanya . tersedia dalam http://www.sekolahdasar.net/2012/04/tujuan-dan-fungsi pembelajaranbahasa.html. (Diakses tanggal 12 Oktober 2015).
Farhan. 2011. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing”. Tersedia pada http://www.farhan-bjm.web.id/2011/09/model-pembelajaran-kooperatif - tipe.html?m=1 (diakses tanggal 12 Maret 2012).
Gagne dalam Suprijono ,2009:2. “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Berpasangan (Make A Match) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Klasifikasi Mahkluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di SMPN 1 Gondang” “3.212 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Edisi 34 Tahun ke-5 2016
Kurniasih dan Sani ,2015:56. “Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Make A Match Pada Pelajaran IPA Kelas V”. JPGSD. Volume 06 Nomor 05 Tahun 2018, 640-649
Mifathul Huda,2012:135.”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK SMK Uhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015”.
Mulyana, Aina. 2012. Kemampuan Bertanya Pada Siswa. Tersedia dalam http://ainamulyana.blogspot.com/2015/02/kemampuan-bertanya-pada-siswa.html (diakses tanggal 12 Oktober 2015).
Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Purnomo, M. 2011. Pengertian Keterampilan Bertanya. Tersedia: http://maspurnomo.wordpress.com/2011/10/31/pengertian-ketrampilan-bertanya/ (diaskes tanggal 12 Oktober 2015).
Rahmawati, Tutik. 2013. Pengelolaan Pembelajaran Tematik Terpadu. Malang: PPPPTK BOE Malang.
Rusman,2012. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Vi Sd Negeri 006 Tri Mulya Jaya Kecamatan Ukui”. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau| Volume 5 | Nomor 3 | Edisi Khusus HUT PGRI Ke-71 Tanggal 25 November 2016 | ISSN: 2303-1514 |
Safitri, 2011.Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Tersedia pada file:///C:/Users/user/Documents/ kelebihan%20s%20Throwingg.htm (diakses tanggal 13 Maret 2012).
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Sudjana,2010.”Penerapan Model Make A Match Dalam Upaya Peningkatan Hasil
Belajar IPS Siswa” Wacana Akademika Volume 1 No 2 Tahun 2017
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Pustaka Pelajar: Surabaya.
Wina ,2016: 2. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan
Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No. 1A April 2018 http: ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD
Wiraatmadja, 2007. “Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa”