Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika

I Ketut Manik

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Satdik SD Negeri 1 Tulamben di Kelas VI sebanyak 37 orang yang kemampuan siswanya untuk materi matematika cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar matematika  siswa dapat meningkat. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I rata-ratanya 64,595, dengan ketuntasan 64,86%. Sedangkan  rat-rata siklus II mencapai 72,568, dengan presentase ketuntasan 97,30%. Dari Siklus I ke  Siklus II terjadi kenaikan rata-rata prestasi belajar matematika sebesar 7,973, sedangkan presentase ketuntasan belajarnya naik 32.44%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan prestasi belajar.


Keywords


Pembelajaran Problem Solving, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Depdiknas. 2009. Co-Op Co-Op . Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dharma Kesuma dkk. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Erman Suherman. (2003). Strategi Pengajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Grasindo

Herman Hudojo. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang

Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Inten, I Gede. 2004. Pengaruh Model Pembelajaran dan Pengetahuan Awal Siswa Terhadap Prestasi Belajar PKN dan Sejarah Pada Siswa Kelas II SMU Laboratorium IKIP Negeri Singaraja. Tesis. Singaraja. Program Pascasarjana IKIP Negeri Singaraja.

Johnson, Elaine B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What it is and why it’s her to stay. Corwin Press, Inc: California.

Modern Educators and Lexicographers. 1993. Webster’s New American Detionary. New York: 140 Broadway, Books, Inc.

Nana Sudjana. 2010. Cara belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Megajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nur, Mohamad et al. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berorientasi Masalah Kontekstrual untuk Meningkatkan Daya Nalar Mahasiswa dalam Rangka Menyongsong Masyarakat IPTEK pada Pembangunan Jangka Panjang Tahap Kedua. Makalah. Disampaikan pada Seminar Hasil-hasil Penelitian Unggulan. IKIP Negeri Surabaya.

Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Silogisme Terhadap Prestasi Belajar Biologi Pada Siswa Kelas III SMP Negeri Seririt (Experimen Pada Pokok Bahasan Reproduksi Generatif Tumbuhan Angiospermae). Tesis. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta: Depdiknas.

Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sindoro, Alexander. 2003. Kebugaran Otak dalam Kehidupan Sehari-hari. Terjemahan dari Buku Brain Fitness@work Karangan Judith Jewell.

Slamet. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinnya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sudjana,Nana. 2010. Cara belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Megajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Press.

Wardani Dyah Retno Kusuma. 2011. Pengaruh Metode Pembelajaran Proglem Solving ddan Group Investigation terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Mempertimbangkan Kreativitas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Denpasar Tahun Ajaran 2010/2011. Tesis. Universitas Pendidikan Ganesha Program Pascasarjana Singaraja.

Wardani, I. G. A. K Siti Julaeha. Modul IDIK 4307. Pemantapan Kemampuan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i2.24805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.