MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING

Dewa Nyoman Alit Biantara

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Kenderan di kelas VI yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Matematika masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Problem Solving. Metode pengumpulan  datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Problem Solving. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 68,09 pada siklus I meningkat menjadi 72,61 dan pada  Siklus II meningkat menjadi 80,95. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar Matematika siswa kelas VI SD Negeri 2 Kenderan dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Problem Solving.


Keywords


Model Pembelajaran Problem Solving, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arief Furchan. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azwar, Saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Badan Standar Nasional Pendidikan.2007.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007.Jakarta: BSNP.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Depdiknas. 2009. Kompetensi Supervisi Akademik. Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka. Cipta.

Gulo, W. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Listiani, Rika, Ara Hidayat, dan Meti Maspupah. 2017. Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia (Penelitian pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Ciparay Kab. Bandung). Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, Februari 2017, Vol. 7, No. 1

Tampubolon, Togi dan Sondang Fitriani Sitindaon. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solvingterhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan. Jurnal INPAFI Volume 1, Nomor 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i2.25003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.