Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) Materi Teknik Dasar Memegang Raket dalam Permainan Bulu Tangkis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning

Ni Nyoman Sukarini

Abstract


Data mengenai hasil belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan asesmen lompat jauh, Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan  Model Pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan belajar siswa. Adapun hasil yang dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah : 1). Hasil belajar pada siklus I nilai rata –rata = 73,2).Ketuntasan Belajar yang dicapai siswa  = 67%, 3). Hasil belajar pada  siklus II nilai rata-rata = 81,2,4).  Ketuntasan belajar yang dicapai siswa       = 100%.   Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model  Pembelajaran Discovery Learning  dalam  pembelajaran PJOK  dapat  meningkatkan hasil belajar  siswa kelas VII.A SMP Negeri 4 Abiansemal  dengan baik. respon siswa sangat positif terhadap penerpan model pembelajaran discovery learning, karena siswa dapat berpartisipasi secara aktif dan suasana belajar sangat menyenangkan


Keywords


Model pembelajaran Discovery Learning, Teknik Dasar Memegang Raket Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agus Budhi Juli ari, Paiman, Nuryono, Penjasorkes, untuk SD/MI, kelas IV, Pusat Perbukuan kementerian Pendidikan Nasional2009

Arikunto, Suharsimi , 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti

Jakarta PT. Rineksa Cipta

Engkos S.R. 1994. Penjaskes. Jakarta; Erlangga

Husni, Agusta, dkk. 1987. Buku pintar Olahraga . Jakarta; CV Mawar Gempita

http://carapedia.com/pengertian_definisi_bermain_info2105.html oleh : Anggani Sudono.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Buku guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan balitbang Kemdikbud, tahun 2014

Muhajir, 1998, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Untuk SD Kelas 3,

JakartaErlangga

Slamet, S.R. 1994.Penjaskes 3. Jakarta; Tiga Serangkai

Suharno. 1986, Ilmu Kepelatihan Olah Raga Yogyakarta; IKIP Yogyakarta.

Syarifuddin, Aib. 1997, Penjaskes 1,2,3, Jakarta; PT. Gramedia Widiasmara

Indonesia

Muhamamad Muhyi F.2009,Trampil Kinesterika, JakartaPT.Gramedia Widiasarana Indonesia.

Roji, Buku Paket Pendidikan Jasmanai dan Kesehatan untuk SLTP, PT Intan Pariwara, Klaten : 1994

Sunarya – Eko Suwarso, Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan Untuk SD/MI kelas II, Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional, 2010

Sukrisno,Aminarni, Suwarjo,Sri Sunarsih, Masri’an, Asy’ari. Pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SD/MI kelas IV, Penerbit Erlangga, 2009.

Tunjung sari, Buku penunjang materi PENJASKES, SD, Tri Agung 2006

Wina Sanjaya, 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i3.26751

Article Metrics

Abstract view : 533 times
PDF file view : 536 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.