Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) Materi Teknik Dasar Memegang Raket dalam Permainan Bulu Tangkis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning
Abstract
Data mengenai hasil belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan asesmen lompat jauh, Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan belajar siswa. Adapun hasil yang dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah : 1). Hasil belajar pada siklus I nilai rata –rata = 73,2).Ketuntasan Belajar yang dicapai siswa = 67%, 3). Hasil belajar pada siklus II nilai rata-rata = 81,2,4). Ketuntasan belajar yang dicapai siswa = 100%. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model Pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.A SMP Negeri 4 Abiansemal dengan baik. respon siswa sangat positif terhadap penerpan model pembelajaran discovery learning, karena siswa dapat berpartisipasi secara aktif dan suasana belajar sangat menyenangkan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Budhi Juli ari, Paiman, Nuryono, Penjasorkes, untuk SD/MI, kelas IV, Pusat Perbukuan kementerian Pendidikan Nasional2009
Arikunto, Suharsimi , 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti
Jakarta PT. Rineksa Cipta
Engkos S.R. 1994. Penjaskes. Jakarta; Erlangga
Husni, Agusta, dkk. 1987. Buku pintar Olahraga . Jakarta; CV Mawar Gempita
http://carapedia.com/pengertian_definisi_bermain_info2105.html oleh : Anggani Sudono.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Buku guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan balitbang Kemdikbud, tahun 2014
Muhajir, 1998, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Untuk SD Kelas 3,
JakartaErlangga
Slamet, S.R. 1994.Penjaskes 3. Jakarta; Tiga Serangkai
Suharno. 1986, Ilmu Kepelatihan Olah Raga Yogyakarta; IKIP Yogyakarta.
Syarifuddin, Aib. 1997, Penjaskes 1,2,3, Jakarta; PT. Gramedia Widiasmara
Indonesia
Muhamamad Muhyi F.2009,Trampil Kinesterika, JakartaPT.Gramedia Widiasarana Indonesia.
Roji, Buku Paket Pendidikan Jasmanai dan Kesehatan untuk SLTP, PT Intan Pariwara, Klaten : 1994
Sunarya – Eko Suwarso, Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan Untuk SD/MI kelas II, Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional, 2010
Sukrisno,Aminarni, Suwarjo,Sri Sunarsih, Masri’an, Asy’ari. Pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SD/MI kelas IV, Penerbit Erlangga, 2009.
Tunjung sari, Buku penunjang materi PENJASKES, SD, Tri Agung 2006
Wina Sanjaya, 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media
DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i3.26751
Article Metrics
Abstract view : 533 timesPDF file view : 536 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Educational Action Research is published by:
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com
Phone: 081805611217
Journal of Educatioan Action Research indexed by:

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.