Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) Materi Teknik Dasar Memegang Raket dalam Permainan Bulu Tangkis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning

Authors

  • Ni Nyoman Sukarini SMP Negeri 4 Abiansemal

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.26751

Keywords:

Model pembelajaran Discovery Learning, Teknik Dasar Memegang Raket Hasil Belajar

Abstract

Data mengenai hasil belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan asesmen lompat jauh, Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan  Model Pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan belajar siswa. Adapun hasil yang dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah : 1). Hasil belajar pada siklus I nilai rata –rata = 73,2).Ketuntasan Belajar yang dicapai siswa  = 67%, 3). Hasil belajar pada  siklus II nilai rata-rata = 81,2,4).  Ketuntasan belajar yang dicapai siswa       = 100%.   Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model  Pembelajaran Discovery Learning  dalam  pembelajaran PJOK  dapat  meningkatkan hasil belajar  siswa kelas VII.A SMP Negeri 4 Abiansemal  dengan baik. respon siswa sangat positif terhadap penerpan model pembelajaran discovery learning, karena siswa dapat berpartisipasi secara aktif dan suasana belajar sangat menyenangkan

References

Agus Budhi Juli ari, Paiman, Nuryono, Penjasorkes, untuk SD/MI, kelas IV, Pusat Perbukuan kementerian Pendidikan Nasional2009

Arikunto, Suharsimi , 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti

Jakarta PT. Rineksa Cipta

Engkos S.R. 1994. Penjaskes. Jakarta; Erlangga

Husni, Agusta, dkk. 1987. Buku pintar Olahraga . Jakarta; CV Mawar Gempita

http://carapedia.com/pengertian_definisi_bermain_info2105.html oleh : Anggani Sudono.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Buku guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan balitbang Kemdikbud, tahun 2014

Muhajir, 1998, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Untuk SD Kelas 3,

JakartaErlangga

Slamet, S.R. 1994.Penjaskes 3. Jakarta; Tiga Serangkai

Suharno. 1986, Ilmu Kepelatihan Olah Raga Yogyakarta; IKIP Yogyakarta.

Syarifuddin, Aib. 1997, Penjaskes 1,2,3, Jakarta; PT. Gramedia Widiasmara

Indonesia

Muhamamad Muhyi F.2009,Trampil Kinesterika, JakartaPT.Gramedia Widiasarana Indonesia.

Roji, Buku Paket Pendidikan Jasmanai dan Kesehatan untuk SLTP, PT Intan Pariwara, Klaten : 1994

Sunarya – Eko Suwarso, Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan Untuk SD/MI kelas II, Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional, 2010

Sukrisno,Aminarni, Suwarjo,Sri Sunarsih, Masri’an, Asy’ari. Pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SD/MI kelas IV, Penerbit Erlangga, 2009.

Tunjung sari, Buku penunjang materi PENJASKES, SD, Tri Agung 2006

Wina Sanjaya, 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Sukarini, N. N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) Materi Teknik Dasar Memegang Raket dalam Permainan Bulu Tangkis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Journal of Education Action Research, 4(3), 371–377. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.26751