Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa

Authors

  • Dewa Nyoman Suprapta SMP Negeri 1 Ubud

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27174

Keywords:

Model Pembelajaran Make a Match, Hasil Belajar Bahasa Inggris.

Abstract

Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas VIII A1 ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ubud di kelas VIII A1 yang kemampuan siswanya untuk pelajaran Bahasa Inggris cukup rendah. Metode pengumpulan datanya adalah tes Hasil Belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 66,40, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 71,87 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 81,71. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris siswa kelas VIII A1 SMP Negeri 1 Ubud.

References

Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan SD, SMP dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara..

Ayuwanti, Irma . 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016.

Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Firmansyah, Dani . 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika . Jurnal Pendidikan Unsika Volume 3 Nomor 1, Maret 2015.

Perdana, Aditya Ayu dan Supriyono. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Semolowaru 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 6 Nomor 5.

Pratiwi, Rina Hidayati. 2018. Metode Pembelajaran “Make a Match” Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Ipa . Florea Volume 5 No. 1, Mei 2018.

Riyanti, Nishrohah Neni dan M Husni Abdullah. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 6 Nomor 4.

Shabir U, M. 2015. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: (Tugas Dan Tanggung Jawab, Hak Dan Kewajiban, Dan Kompetensi Guru) . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015.

Supriatin, Ade ipin. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Wahana Pendidikan, Volume 4 Nomor 2.

Susanty, Ella.,dkk. 2014. Pengaruh Pembelajaran Cooperatif Tipe Make a Match dan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Pada MTs N Di Kabupaten Kudus. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, Volume 2 Nomor 2.

Tiballa, Meida Dwi Sana, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Tahun: 2017.

Windayani, Kadek Sri, dkk. 2017. Pengaruh Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Tahun: 2017.

Yamin, M. 2017. Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar, Volume 1 Nomor 5.

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Suprapta, D. N. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Journal of Education Action Research, 4(3), 240–246. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27174