Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Jigsaw

Ni Made Rita

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui terjadinya peningkatan Prestasi belajar Matematika pada siswa kelas VIII A2 SMP Negeri 1 Ubud setelah diterapkannya model pembelajaran cooperative learning Jigsaw. Pelaksanaan penelitian didasarkan pada hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa hasil nilai tes awal siswa kelas VIII A2 SMP Negeri 1 Ubud khususnya dalam mata pelajaran Matematika ada 20 orang siswa yang nilainya di bawah KKM. Hasil tes awal tersebut mengindikasikan bahwa perlu dilakukan penerapan model pembelajaran cooperative learning Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII A2 SMP Negeri 1 Ubud. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII A2 yang berjumlah 32 orang dengan nilai awal 67, 96, siklus I 71,71 dan siklus II 78,75. Penelitian ini berlangsung pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Penerapan model pembelajaran cooperative learning Jigsaw adalah fokus tindakan, dan berlangsung dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII A2 SMP Negeri 1 Ubud.


Keywords


Model Pembelajaran Cooperative Learning Jigsaw; Prestasi Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Dwipayana, I Made, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Mimbar Ilmu PGSD Undiksha Volume 5 Nomor 3.

Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika . Jurnal Pendidikan Unsika Volume 3 Nomor 1, Maret 2015.

Kirom, Askhabul. 2017. Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural . Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 3, Nomor 1, Desember 2017.

M.Sidik, Hasnun, dkk. 2007. Terampil Berhitung Matematika Jakarta : Penerbit Erlangga.

Muhsetyo, Gatot, dkk. 2007. Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka

Rusmiati, 2017. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyo . UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Volume 1, No. 1, Februari 2017:

Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan) . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015.

Setiawan, Denny dkk. 2008. Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Susanti, Ni Luh Putu Dani, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Ilmu PGSD Undiksha Volume 5 Nomor 2.

Syafi’I, Ahmad. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi . Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018.

Wardani, I G.A.K., dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i3.27176

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF file view : 469 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.