Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievemen Division (STAD) dengan Metode Kuis Team untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS

Anak Agung Istri Sayang Saraswati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIIH SMP Negeri 1 Gianyar melalui pembelajaran kooperatif Tipe STAD dengan metode Kuis Team. Jumlah subyek penelitian 41 orang dengan jumlah laki 16 orang dan perempuan 25 orang. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Rancangan untuk setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, kuisioner, dan observasi, yang selanjutnya dianliasis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Siklus I skor rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 68,61 dengan katagori “Cukup”, dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 80,48 dengan katagori “Tinggi”. Selanjutnya hasil belajar siswa pada Siklus I dengan rata-rata 82,04 dengan ketuntasan 75,61%, pada Sikkus II meningkat menjadi rata-rata 84,73 dengan ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Tipe STAD dengan metode Kuis Team dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIH SMP Negeri 1 Gianyar. Oleh sebab itu guru dapat mempertimbangkan, memilih, dan menggunakan metode pembelajaran kooperatif Tipe STAD dengan metode Kuis Team yang sesuai dengan materi pembelajaran yang berlangsung di kelas terutama dalam pembelajaran IPS.

Keywords


Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Metode Kuis Team; Aktivitas Belajar; dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriati, 2005. Penggunaan Pendekatan Partisipasi Dengan Metode Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X 2 Semester II SMA Laboratorium IKIP N Singaraja Tahun Pelajaran 2004/2005. IKIP N Singaraja.

Herijanto, Budi. 2012. “Pengembangan Cd Interaktif Pembelajaran Ips Materi Bencana Alam”. Journal of Educational Social Studies, Volume 1, Nomor 1 (hlm 8-12).

Hermawati, N. W. M. (2012). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap penguasaan konsep biologi dan sikap ilmiah siswa SMA ditinjau dari minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(2).

Mutiah, 2004. Peranan Penggunaan Media Peta Dalam Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SLTP N 1 Singaraja Pada Mata Pelajaran Geografi tahun Ajaran 2003/2004. IKIP Negeri Singaraja.

Nana Sudjana, 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Belajar Kooperatif. Diktat Perkuliahan Mahasiswa Unipas.

Raharja, I G N. Komang Rishi, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perakitan Komputer. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol. 6 No.3, Desember 2017.

Rahmad. 2016. “Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar”. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Volume 2 Nomor 1 (hlm 68-77).

Rasmini, Ni Luh. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division) dan Kemampuan Abstraksi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Wisata Sanur Denpasar. Tesis. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Rohika, Desak Putu. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas IV SD NO. 2 Beng Gianyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.Vol.1 (3) pp. 221-228.

Sabil, H., & Winarni, S. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Persamaan Kuadrat Dengan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team Di Kelas IX SMPN 24 Kota Jambi. Edumatica. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(02).

Sardiman, A.M, 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Rajawali.

Setyowati, W. T., N. Harjono, G. S. Airlanda. 2018. Penggunaan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantu Media Gambar dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Muatan IPA Tema 7 “Peristiwa dalam Kehidupan” Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2, Hal. 167-173.

Slavin, R.E, 1995. Cooveratif Learning 2. Needham Height. Masachuetts: Allyn and Bacon.

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Inovatif dengan Paham Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wardaniati, N, 2006. Implementasi model pembelajaran indoor- outdoor Study dengan Metode Diskusi sebagai upaya meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Geografi kelas VIII SMP N 1 Sukasada. IKIP Negeri Singaraja.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i3.27178

Article Metrics

Abstract view : 216 times
PDF file view : 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.