Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu

I Nyoman Ruba

Abstract


Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Pejeng di kelas V yang kemampuan siswanya memahami materi mata pelajaran Agama Hindu masih rendah. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 68,25, pada siklus I menjadi 73,25 dan pada siklus II menjadi 78,25. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas V semester II SD Negeri 2 Pejeng.


Keywords


Model Pembelajaran Cooperative Script; Prestasi Belajar Agama Hindu.

Full Text:

PDF

References


Agung, A.A Gede. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Keilmuan Negeri Singaraja.

Azwar, Saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Boleng, Didimus Tanah. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan ThinkPair-Share terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Sosial, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Multietnis. Jurnal Pendidikan Sains, volume 2 nomor 2.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Depdikbud.1984/1985.Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan: Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Fernandes, H.J.X. 1984. Testing and Measurement. Jakarta. National Education Planning, Evaluation and Curriculum Development.

Fraenkel, Jack R. and Norman E. Wallen. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. Second Edition. New York: McGraw-Hill, Inc.

Gagne, Robert M. 1977. The Conditions of Learning.Third Edition. New York: Holt, Reinhart and Winston.

Gay, L. R. 1987. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Seventh Edition. Columbus, Ohio: Merrill Publishing Company.

Hajaryanti dan Kuraedah. 2018. Meningkatkan aktivitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Agamai Islam Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 11 No. 1.

Hajaryanti, dan St Kuraedah. 2018. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Agamai Islam Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script. Jurnal Kajian Ilmu Kependiidkan, Volume 11 Nomor I.

Hidayat., dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Mind Map Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan, Jurnal Pendidikan, Volume 2 nomor 4.

Meilani, Rima dan Nani Sutarni. 2016. Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 1 Nomor 1.

Puryanti dan Maryamah. 2015. Penerapan Metode Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kabupaten Oku Timur. Jurnal Radenfatah Volume 2 Juli 2015.

Rozi, Zico Fakhrur., dkk. 2018. Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains (BIOEDUSAINS), Volume 1 Nomor 1.

Rumbekwan, Yanto O.,dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Biologi Di Kelas VIII SMP 11 Manokwari. JIPVA (Jurnalpendidikan Ipa Veteran), Volume 2 Nomor 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i3.27195

Article Metrics

Abstract view : 132 times
PDF file view : 229 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.