Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi melalui Media Ludo Pintar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27231Keywords:
Ludo Pintar, Keterampilan Menulis PuisiAbstract
Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan penerapan media ludo pintar untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa SD. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas IV SDN Winong 01 Pati dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan siswa dalam menulis puisi melalui media ludo pintar. Peningkatan keterampilan menulis puisi pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 73,91% dan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 91,30%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan pada siswa kelas IV SDN Winong 01 Pati, dapat disimpulkan bahwa dengan melalui penerapan media ludo pintar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisiReferences
Aqib, Zaenal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Amkas, S. I. M., dkk. 2017. Pengembangan Media Ludo Word Game Siswa Kelas IV SDN Banjar Bali Tahun Pelajaran 2017/2018. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha. (Vol; 8 No: 2).
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Bumi Aksara.
Agung, A. G., dkk. 2017. Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Mengasosiasi Berbasis Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Proses Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 1 (3).
Indriana, Diana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Press.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mediatati, Nani., dan Suryaningsih, Istiana. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 1 (2).
Ningsih, S. A., dan Pritandhari, Meyta. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Ludo pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas IX SMA Purnama Trimurjo. e-ISSN 2442-9449 Vol. 7 No. 1.
Oktaviani, M. D. S., dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 3, Number 1.
Putri, I. P. S., dkk. Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 4, Number 2.
Suyono, Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Safitri, A. Z., dkk. 2019. Keefektifaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantu Media Question Card untuk Meningkatkan Pemahaman Tema Keyanya Negeriku. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 3, Number 3.
Ekawan, Sendi.,dkk. 2015. Pengembangan Desain Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dengan Media Physics Ludo Pada Materi Fisika Tentang Bunyi. Jurnal Radiasi , Volume 6 Nomor 1 (hlm 1-13).
Ningsih, Sri Armiyanti., dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Sma Purnama Trimurjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, volume 7 nomor 1 (hlm 50-59).
Sulkifli dan Marwati. 2016. Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Langgikima Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Bastra, Volume 1 Nomor 1