Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS

Authors

  • Ni Ketut Suriyani SMP Negeri 1 Ubud

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27236

Keywords:

Model Pembelajaran Direct Instruction, Prestasi Belajar IPS

Abstract

Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Ubud. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ubud di kelas VIII F yang prestasi belajarnya masih rendah. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Direct Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 67,87 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 71,87 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,25. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Direct Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Ubud.

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Charuer, Kathy, dkk. 2005. Permainan Berbasis Sentra Pembelajaran. Beltsuillee, MD 20705: Translation Copyright 2005 by Penerbit Erlangga.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Firmansyah, Dani . 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika . Jurnal Pendidikan Unsika Volume 3 Nomor 1, Maret 2015.

Hartinah, Sitti. 2009. Konsep dan Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.

Herijanto, Budi. 2012. Pengembangan Cd Interaktif Pembelajaran Ips Materi Bencana Alam. Journal of Educational Social Studies, Volume 1, Nomor 1.

Iriyanto, H.D. 2012. Hebat Gurunya Dahsyat Muridnya. Jakarta: Erlangga.

Kunandar.2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Mariati, Desak Putu. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Berbantuan Media Seni Melipat Kertas Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak TK Shanti Kumara III Sempidi. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 2 No 1 Tahun 2014).

Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan. Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muttagi, Nur Huda.,dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Disertai Diskusi Dan Media Hyperchem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X 1 SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kimia, Volume 7 Nomor 1.

Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Rahmad. 2016. Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Volume 2 Nomor 1.

Rusmiati. 2017. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyo . UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Volume 1, No. 1, Februari 2017.

Sidik, Moch Ilham dan Hendri Winata. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1, Agustus 2016, Hal. 49-60.

Sirait, Erlando Doni. 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika . Jurnal Formatif 6(1): 35-43, 2016.

Susilowati, Erny.,dkk. 2013. Pengunaan Metode Pembelajaran Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan UNS, Volume 1 Nomor 3.

Syafi’i, Ahmad. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi . Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya:Kencana.

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar. Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Suriyani, N. K. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Journal of Education Action Research, 4(3), 330–337. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27236