Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining

Authors

  • Anak Agung Ayu Suci SD Negeri 2 Pejeng Kelod

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27241

Keywords:

Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Pejeng Kelod di kelas V yang kemampuan siswanya dalam penguasaan materi pelajaran Agama Hindu masih tergolong sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas V SD Negeri 2 Pejeng Kelod pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas V. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya dengan nilai rata-rata 67,60, pada siklus I menjadi 75,60 dan pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu menjadi 85,60. Ketuntasan belajar meningkat dari 44,00% pada awal pembelajaran menjadi 72,00% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas V SD Negeri 2 Pejeng Kelod pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining.


References

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, M.S. 2002. Prestasi belajar Fisika Ditinjau dari Beberapa faktor Psikologis.Disertasi.IKIP Jakarta.

Alien, Deborah E. et al- 1996.The Power of Student Facilitator And Explaining in Teaching Introductory Science Courses.Jossey-Boss Publisher.

Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Depdiknas, 2003c. Sistem Penilaian Kelas SD, SMP, SMA dan SMK. Dirjen Dikdasmen Tendik.

Depdiknas. 2002. Student Facilitator And Explaining. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hartinah DS, Haji Sitti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT. Refika Aditama.

Saifuddin, Agus, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) Dengan Menggunakan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Lintas Minat Ekonomi DI SMA Negeri 02 Batu. Jurnal JPE-Volume 8, Nomor 1, 2015.

Wulan, Dewi dan Edy Purwanto. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Madiun. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2015.

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Ayu Suci, A. A. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Journal of Education Action Research, 4(3), 322–329. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27241