Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Audio Visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27252Keywords:
Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Media Audio Visual, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Blahbatuh di Kelas XI MIPA 6 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Inggris masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media audio visual. Metode pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Teams Games Tournament (TGT) dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya dengan nilai rata-rata 67,77 pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,44 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 83,33. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mngalami peningkatan. Pada awal pembelajaran ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 30,55%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 66,66%, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 94,44%..Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas XI MIPA 6 semester II SMA Negeri 1 Blahbatuh tahun pelajaran 2017/2018 .
References
Ali, M.S. 2002. Hasil belajar Fisika Ditinjau dari Beberapa faktor Psikologis. Disertasi. IKIP Jakarta.
Alien, Deborah E. et al- 1996.The Power of Teams Games Tournament (TGT) in Teaching Introductory Science Courses.Jossey-Boss Publisher.
Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.
Charuer, Kathy, dkk. 2005. Permainan Berbasis Sentra Pembelajaran. Beltsuillee, MD 20705: Translation Copyright 2005 by Penerbit Erlangga.
Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.
Depdiknas, 2003c. Sistem Penilaian Kelas SD, SMP, SMA dan SMK. Dirjen Dikdasmen Tendik.
Depdiknas. 2002. Teams Games Tournament (TGT). Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.
Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.
Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.
Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Hasil belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Gülşen ÇAĞATAY, G. D. (2013). The Effect of Jigsaw-I Cooperative Learning Technique on Students’ Understanding About Basic Organic Chemistry. The International Journal of Educational Researchers, 4(2), 30–37.
Hartinah DS, Haji Sitti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT. Refika Aditama.
Kurniasih, Imas. (2012). Bukan Guru Biasa. Jakarta: Arta Pustaka
Kumandari, Erna. (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT. Tersedia:http://biologi.fkip.uns.ac.id/wpcontent/uploads/2011/05/11.009-PenerapanPembelajaran-Kooperatif TGT.pdf
Micheal, M. (2011). The Effects of TeamsGames-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students. Journal of Social Sciences, 26(3), 183-193.
Nurmahmidah. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Pokok Bahasan Peluang sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA 2 Sma Negeri 1 Sedayu. Jurnal Mercumatika Vol. 1 No. 2 Hal. 139-146. Tersedia Pada: http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/.
Ozsoy, N. (2004). The Effect of Learning Together Technique of Cooperative Learning methode on Student Achievement in Mathematics Teaching 7th Class of Primary School. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 3(7), 49-54.
Rahmat, Fitriyane Laila Apriliani, Suwatno, Rasto. 2018. Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams Games Tournament. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 5 (1), 2018, 15-23. Tersedia Pada: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Saricayir, H., Ay, S., Comek, A., Cansiz, G., &Uce, M. (2016). Determining Students’ Conceptual Understanding Level of Thermodynamics. Journal of Education and Training Studies, 4(6), 69-79.
Slavin. (2008). Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Solihah, Ai. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP Vol. 1 No. 1, Hal. 45-53. Tersedia Pada: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1010/942.
Suryanata, I Kadek Agus. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Mimbar Ilmu PGSD Undiksha Volume 5 Nomor 2.
Veloo, A., & Chairhany, S. (2013). Fostering students ’ attitudes and achievement in probability using teams-games-tournaments. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 59–64. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.152
Widhiastuti, Ratieh, Fachrurrozie. 2014. Teams Games Tournament (TGT) sebagai Metode untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan Vol. IX, No. 1, Hal. 48 – 56. Tersedia Pada: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/3355.