Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check

Authors

  • Ni Wayan Asrini SMP Negeri 1 Ubud

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27402

Keywords:

Model Pembelajaran Pair Check, Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap prestasi belajar IPS. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ubud  pada kelas IX C tahun pelajaran 2018/2019,. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah test hasil belajar siswa. Setelah diperoleh data, lalu dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah pelaksanaan tindakan, data yang penulis dapatkan menunjukkan peningkatan yang baik, dari awalnya baru mencapai rata-rata 67,85, padasiklus I meningkat menjadi 73,00 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,00. Dengan perolehan peningkatan hasil tersebut dapat disampaikan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran  Pair Check dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IX C  semester II SMP Negeri 1 Ubud.

References

Ahmad, Fandi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Tepadu Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tabulahan Kab. Mamasa. Jurnal Sainsmat, Volume V Nomor 2.

Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan SD dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aris, Tria Muhamad. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Pair Check (Pasangan Mengecek) Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Kelas V dan VI SDN 01 Tanggung Turen Kabupaten Malang. Jurnal Pedagodik OlahragaI, volume 2 nomor 1.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya; Insan Cendikia.

Charuer, Kathy, dkk. 2005. Permainan Berbasis Sentra Pembelajaran. Beltsuillee, MD 20705: Translation Copyright 2005 by Penerbit Erlangga.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Depdiknas, 2003c. Sistem Penilaian Kelas SD, SD, SMA dan SMK. Dirjen Dikdasmen Tendik.

Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha. Nasional.

Dudung, Agus. 2018. Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Kesehatan Keluarga dan Pendidikan, Volume 5 Nomor 1.

Ermavianti. Dwi dan Wahyu Sulistyorini. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Untuk Membangun Keterampilan Bertanya Produktif. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 23 Nomor 1.

Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 12 Nomor 1.

Herijanto, Budi. 2012. “Pengembangan Cd Interaktif Pembelajaran Ips Materi Bencana Alam”. Journal of Educational Social Studies, Volume 1, Nomor 1 (hlm 8-12).

Melani, A.E.T., dkk. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Kemampuan Numerik Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Gianyar. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, Volume X Nomor 1.

Purwanto, M. Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja. Rosdakarya.

Puspita, dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Gugus II Kuta Selatan Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of Educational Research and Review, Vol. 1 No. 1, April 2018 P-ISSN: 2621-4792 E-ISSN: 2621-89847.

Rahmad. 2016. “Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar”. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Volume 2 Nomor 1.

Rejeki, Endang Sri. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Di SMA Negeri 1 Sibabangun. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), Volume 2 Nomor 1.

Sari, Novika Auliyana., dkk. 2018. “Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan, Volume. 3, Nomor. 12

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Asrini, N. W. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check. Journal of Education Action Research, 4(3), 338–344. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27402