Efektivitas Model Quatum Learning Berbantuan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan

Authors

  • Ridzal Permana Wijaya FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.27735

Keywords:

Quantum Learning, Kartu Kata, Ketuntasan Belajar

Abstract

Keterampilan membaca sangatlah penting bagi anak dimana dengan membaca anak akan dapat menambah wawasan dan nformasi, namun saat ini keterampilan membaca anak bisa dikatakan rendah. Sehingga, dirumuskan tujuan penelitian yaitu mengkaji efektivitas model pembelajaran Quantum Learning berbantuan media kartu untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan kelas I SDN. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian siswa kelas I dengan jumlah siswa 29. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui soal pretest, soal posttest, pengamatan dan dokumentasi. Metode analisis yang dilakukan adalah menggunkan metode analisis deskriptif dengan mencari rata-rata dan persentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari siklus Pra-siklus sampai siklus II. Pra-siklus ketuntasan siswa adalah 41,37, Siklus I ketuntasan 72,41 dengan rata-rata 74, dan siklus II dengan ketuntasan 96,55% dengan rata-rata 92. Jadi, dengan adanya model pembelajaran quatum learning berbantuan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca dilihat dari peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas 1 SD.

References

Ahmad, Aiman, U., & Muhsam, J. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Pendekatakan Pengalaman Berbahasa Siswa Kelas I SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(2), 121. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/10.

Astuti, W. (2017). Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(2), 124. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.41.

Audi, J. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita Sucen Gemawang Temanggung. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 3359(1), 63–72. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/2732/2443.

Dewi, A. C., Hapidin, & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136.

Dewi, T. M., Mirnawati, & Dirneti. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar dan Metode Konvesional Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Membaca Siswa pada Kelas II di SDS 016 Muhammadiyah Karimun Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(2). https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/view/120.

Fitri, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 40–51. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8681.

Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417.

Hartati, S. (2017). DPeningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata Berwarna pada Siswa Kelas IA MIN 1 Kota Bengkulu. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/diksa.v3i1.11495.

Hasmi, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri 001 Rimba Sekampung Dumai. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(4), 423–428. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8096.

Hendriani, A. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.17509/jap.v13i1.6388.

Kusuma, E. D., Gunarhadi, & Riyadi. (2018). Keefektifan Model Quantum Learning Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 54–64. https://doi.org/DOI: doi.org/10.21009/JPD.091.05 KEEFEKTIFAN.

Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.361.

Malatuny, Y. G., & Rahmat. (2017). Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan. Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 6(1), 1. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/pedagogika/article/view/1643.

Putri, G. V. H., AM, M. S., & Asim. (2018). Metode SAS ( Struktural Analitik Sintetik ) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Siswa Tunagrahita Sedang No Nama Jumlah Rata-rata Nilai Pretest Posttest. Jurnal Ortopedagogia, 4(1), 48–52.

Rusminiati, Halidjah, S., & Tahmid Sabri. (2018). Peningkatan keterampilan membaca permulaan menggunakan media kubus suku kata siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 1–11.

Wulanditya, P. (2016). Quantum Learning: Experiment To Increase Learning Outcomes. Journal of Accounting and Business Education, 1(4). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i4.6039.

Yesica, D., & Rosmaini. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Memproduksi Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2016/ 2017. Basastra, 6(2), 93. https://doi.org/10.24114/bss.v6i2.6380.

Zahran, M. (2019). Quantum Learning : Spesifikasi, Prinsip, dan Faktor yang Mempengaruhinya. Journal of Research and Thought of Islamic Education, 2(2), 141–157. http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/jrtie/article/download/1405/pdf.

Zayadi, A. (2017). Quantum Learning dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 13(1), 115. https://doi.org/10.47466/hikmah.v13i1.84.

Downloads

Published

2021-01-20

How to Cite

Wijaya, R. P. (2021). Efektivitas Model Quatum Learning Berbantuan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan. Journal of Education Action Research, 5(1), 26–32. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.27735