Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dasar Kreativitas
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.28497Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Prestasi Belajar, Dasar-dasar Kreativitas.Abstract
Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Stad dalam pembelajaran Dasar-dasar Kreativitas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Sukawati di kelas X kria 1 yang kemampuan anaknya untuk kompetensi mata pelajaran Dasar-dasar Kreativitas cukup rendah. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 67,50 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 75,92 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,92. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan prestasi belajar dasar-dasar kreativitas siswa kelas X Kria 1 Semeter II SMK Negeri 2 Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018.
References
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Esminarto, dkk. 2016. Implementasi Model STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset dan KonseptualVolume 1 Nomor 1, November 2016.
Ida Herawati, Iriaji, 1991/1992. Pendidikan Seni Rupa Jakarta. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muharam E Warti Sundaryati 1991/1992 Pendidikan Kesenian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013.
Purwanti, Sri. 2018. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn . Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol. 15 No. 2 Tahun 2018.
Savitri, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematikasiswa Kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Tahun Pelajaran 2016/2017. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Tahun: 2017.
Sutrisno. 2013. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016.
Sunaengsih, Cucun. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Terakreditasi A . Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, Vol 3(2) 2016.
Syaefudin, Jatmiko, Tejo, Cahyono, Agus. 2002. Pembelajaran senirupa. Jakarta: Universitas Terbuka.