Upaya Peningkatan Keterampilan Menyimak Pidato Persuasif dengan Menggunakan Konsep Peta Pikiran

Authors

  • Arif Wahyu Syarifullah MTS Negeri 9 Kuningan Kabupaten Kuningan Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28509

Keywords:

Bahasa, Keterampilan Menyimak, Metode Peta Pikiran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyaimak pidato persuasive dengan menggunkan konsep peta pikiran. Penelitian ini berbentuk PTK terdiri dari 3 Siklus dengan subyek penelitian kelas IX dengan subyek sejumlah 38 siswa. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah penulis lakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut (a) kemampuan siswa menentukan hal-hal pokok pidato dan ceramah dari 49,20% meningkat menjadi 76,80%.(b) kemampuan siswa menentukan isi pidato dari 49,60% meningkat menjadi 76,00%.(c) kemampuan siswa menyimpulkan pesan isi pidato dari 50,68% meningkat menjadi 74,80%.(d) kemampuan siswa mengomentari isi pidato dan ceramah dengan alasan-alasan yang logis dan bahasa yang santun dari 52,80% meningkat menjadi 71,40%.2) sikap siswa dalam menyimak umumnya lebih baik dan benar Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:1) pelaksanaan tindakan sebagai upaya meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IX C MTs Negeri 9 Kuningan  tahun pelajaran 2019/ 2020 semester ganil dengan teknik peta pkiran telah dapat meningkatkan prestasi keterampilan menyimak siswa. Siswa lebih mudah melakukan kegiatan menyimak.

References

Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351

Arsjad, Maidar g. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Bunga, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Smk. Jurnal Edukasi Khatulistiwa, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/ekha.v1i2.29520

Darusman, Rijal. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 3, No.2, Hal. 164-173. Tersedia Pada: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/61.

Djuanda, D. (2008). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: Pustaka Latifah.

Hadi, Saptono. (2017). Story-telling: Upaya Meningkatkan Daya Simak dalam Keterampilan Menyimak Interaktif Berbahasa. BRILLIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Volume 2 Nomor 2, Hal. 163-177. Tersedia Pada: http://eprints.ums.ac.id/28102/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf.

Huda, Miftakhul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keraf, G. (2004). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Moeliono, A.M, dkk. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Olivia, Femi. (2013). 5-7 Menit Asyik Mind Mapping Kreatif. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Pebriana, Ulifatus, Dyah Woro Wirastri Ekowati, Frendy Aru Fantiro. (2017). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Model Pembelajaran Artikulasi dan Media Boneka Tangan pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN Pejok Ii Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Volume 5, Nomor 2, Hal. 766-772. Tersedia Pada: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/4826.

Rahman, I., & Chan, D. M. (2016). Penerapan Metode Peta Pikiran Dalam Menulis Esai Mahasiswa Semester V Stkip Ydb Lubuk Alung. Ta’dib, 19(1), 97. https://doi.org/10.31958/jt.v19i1.454

Rakhmat, Jalaludin. 1994. Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ristanti, F. F., & Arianto, F. (2019). Flash Card Media Utilization To Improve Student Activity and Learning Outcomes of Fauna Distribution Subtopic in Class XI IPS I SMA Xin Zhong Surabaya. Geosfera Indonesia, 4(2), 90. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.9968

Satria, Tio Gusti. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Saintifik pada Anak Kelas IV Jakarta Barat. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (2), Hal.114-120. Tersedia Pada: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd/article/view/3339.

Sirojul, A. (2012). Pengaruh Teknik Mencatat Peta Pikiran Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Keas X MAN 1 Malang. Skripsi. Malang. Universitas Negeri Malang.

Suharsini, Suhardjono, dan Sapardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Tarigan, G.H. (1996). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (1982). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.

Zakiyah M, Siti Ayu, Rustono WS, Hodidjah. (2018). Pengaruh Teknik Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa. 2018. Pedadidaktka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 5, No. 1, Hal. 338-348. Tersedia Pada: https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7455.

Downloads

Published

2020-10-03

How to Cite

Syarifullah, A. W. (2020). Upaya Peningkatan Keterampilan Menyimak Pidato Persuasif dengan Menggunakan Konsep Peta Pikiran. Journal of Education Action Research, 4(4), 434–444. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28509