Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran yang Efektif Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction melalui Kelompok Kerja Guru (KKG)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28635Keywords:
Kemampuan Guru, Model Pembelajaran Problem Based Instruction, Kelompok Kerja Guru (KKG)Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta, Depdiknas. Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Kompetensi Supervisi akademik. Jakarta, DiAbstract
Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di SD melalui pelaksanaan pembelajaran problem-based instruction melalui kelompok kerja guru (KKG). Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara melakukan supevisi dengan instrumen. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kemampuan melaksanakan proses pembelajaran yang efektif, hanya mencapai nilai 74,88 dan ketuntasan baru mencapai 33,33%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat ketuntasan pelaksanaan proses pembelajaran minimal 90,00. Rata-rata nilai siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-ratanya mencapai 81,11 dan prosentase ketuntasannya mencapai 66,66%. Pada siklus II perolehan rata-ratanya sudah mencapai 89,55 dan persentase ketuntasan sudah mencapai 100%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan, yaitu kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di SD mengalami peningkatan menggunakan model pembelajaran problem-based instruction melalui kelompok kerja guru (KKG).
References
Auliya, U. U., Thomas, P., & Lyna, L. (2012). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Economic Education Analysis Journal, 1(2). https://doaj.org/article/02685ed944d14a35b097327c4aca82a9
Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Kompetensi Supervisi akademik. Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Depdiknas. Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Laporan Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Dewi, Dewa Ayu Desinta Ratna, Singgih Bektiarso, dan Subiki. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction disertai Metode Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 6 No. 1, Maret 2017, hal 48-55.
Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76–82. https://doi.org/10.17977/jip.v14i2.24
Fujiah, Saiful Prayogi, & Samsun Hidayat. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Berbasis Autentik Asesment untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Lensa” Vol. 4 No.2, Hal. 55-58. Trsedia Pada: http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/Lensa/article/view/84/82.
Khanafiyah, S., & Yulianti, D. (2013). Model Problem Based Instruction Pada Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 9, 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2578
Komalasari, D., & Program. (2019). Kefektifan Model Problem Based Instruction (Pbi) Dan Model Sinektik Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Al-Ta’dib, 12(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v12i1.1272
Lalu Muhammad. 1996. Supervisi Akademik. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.
Listiowati, Ayu Dwi, dan Antonius Tri Widodo. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Predict-Observe-Explain. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 7, No. 2, hlm. 1189-1200. Tersedia Pada: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/4419.
Margono, S. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Muhani, M., Imron, A., & Kusmintardjo, K. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Di Daerah Terpencil (Studi Multi Kasus Di Sdn 2 Bakalan Dan Sdn 2 Kepyar Purwantoro Kabupaten Wonogiri). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1464–1472. https://doi.org/10.17977/JP.V1I8.6616
Pohan, N. (2017). Peran Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Pokok Guru: Penelitian Tindakan Sekolah. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 132–139.
Prayekti. 2010. Problem Based Instruction sebagai alternatif Model Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16 No. 1, Hal. 51-63. Tersedia Pada: http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/431/287.
Ramadoni, W., & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). 1500–1504Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Suharsimi, Arikunto. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Azhar,
Yulidatullah, Silahuddin, dan Sadrina. 2018. Penggunaan Metode Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Pada Materi Pengukuran Nilai Resistor Kelas X di SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro,Vol.2, No.1, Februari 2018, hal. 39-48.