Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn

Desak Putu Putri

Abstract


Kemampuan siswa untuk kompetensi mata pelajaran PKn cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah metode Pembelajaran Team Quiz dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian Penggunaan model pembelajaran Metode Pembelajaran Team Quiz dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada yang awalnya 66,87 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 71,87 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,20. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.


Keywords


Prestasi Belajar PKn; Model Pembelajaran Team Quiz

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Dalvi. 2006. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam pembelajaran Agama dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team. Jurnal Guru. Jurnal Guru Vol. 3, No. 1, Juli 2006.

Darwanti, D. (2017). Efektivitas Metode Quiz Team Dan Murder Terhadap Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran IPS Pada Kelas VIII SMP Laboratorium Percontohan UPI. JPIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial), 26(1), 18–25. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpis.v26i1.6926

Darwanti, D. (2017). Efektivitas Metode Quiz Team Dan Murder Terhadap Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran IPS Pada Kelas VIII SMP Laboratorium Percontohan UPI. JPIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial), 26(1), 18–25. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpis.v26i1.6926

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2002. Model Pembelajaran Team Quiz. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Penjaminan Mutu Pendidik.

Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2008. Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Depdiknas.

Ernawati, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pai Dengan Metode Team Qiuz Siswa Kelas Vi. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(1), 29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v11i1.26014

Fadilah, R. U. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xi Ips 2 Sman 8 Kediri Di Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Sharia Economics, 1(2), 146–164. https://doi.org/https://doi.org/10.35896/jse.v1i2.74

Kusumawati, N. (2017). Penerapan Metode Active Learning Tipe Team Quiz Untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya Dan Kreatifitas Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sdn Ronowijayan Ponorogo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2), 26–36. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1830

Marcella, Adelia, Imanuel Adhitya Wulanata, Tanti Listiani. 2018. Penerapan Team Quiz untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Antar Siswa Kelas VIII-B pada Mata Pelajaran Matematika [The Implementation of A Team Quiz to Improve The Cooperation Skills Among Grade 8B Students in Mathematics]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education Hal. 124-134. Tersdia Pada: https://ojs.uph.edu/index.php/JOHME/article/view/799.

Modern Educators and Lexicographers. 1939. Webster’s New American Detionary. New York: 140 Broadway, Books, Inc.

Ningrum, N. (2015). Pengaruh Penerapan Model Active Learning Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas X Semester Genap Smk Kartikatama Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. PROMOSI (Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi), 3(1), 93–103. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.146

Nurbani, N., & Sofyan, H. (2015). Efektivitas metode pembelajaran quiz team pada matakuliah logika komputer ditinjau dari motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 261–272. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6424

Nurbani. 2015. Efektivitas Metode Pembelajaran Quiz Team Pada Matakuliah Logika Komputer Ditinjau Dari Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5, Nomor 2, Juni 2015. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6424

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta: Depdiknas.

Purnama, Imas Layung, dan Ekasatya Aldila Afriansyah. 2016. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence dan Team Quiz. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 10, Nomor 1, Hal. 27-43. Tersedia Pada: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/326.

Sahertian, Piet A & Aleida Sahertian. 1992. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Program Inservice Education. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, H. Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saputra, I Made Rai, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Quiz Team Berbasis Permainan Kamus Mini terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus IV Abiansemal Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha Volume 5 Nomor 2. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10778

Silebarman, L. Melvin. (2006). Active Learning (101 Cara Belajar Siswa Aktif). Bandung: Nuansa Cendekia.

Soedomo, M. 2001. Landasan Pendidikan. Malang: Penyelenggara Pendidikan Pascasarjana Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi.

Srijayanti, Ni Putu Sukma, I Gede Meter, I Wayan Darsana. 2014. Model Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Media Gambar Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 2 No. 1, Hal. 1-10. Tersedia Pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3230.

Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbti: Insan Cendekia.

Supardi, 2005. Pengembangan Profesi dan Ruang Lingkup Karya Ilmiah. Jakarta: Depdiknas.

Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Tulsahidah, R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Team Quiz Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Makanan Dan Minuman Halal Dan Haram. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 3(1), 22–42. https://doi.org/10.15575/ath.v3i1.4198




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i4.28640

Article Metrics

Abstract view : 1592 times
PDF file view : 1315 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.