Model Pembelajaran Ekspository sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kepariwisataan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28644Keywords:
Model Pembelajaran Ekspository, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk menerapkan model pembelajaran berupa penggunaan Model Ekspository dalam upaya meningkatkan prestasi belajar kepariwisataan siswa kelas. Kelas yang anggotanya berjumlah 37 orang dipilih menjadi subjek penelitian berdasarkan hsil tes awal dengan rata-rata 64,53 menunjukkan angka dibawah KKm yang ditetapkan sekolah yitu 75. Objek dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa yang masih menjadi kendala utama dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan jadual mulai bulan Juli sampai dengan Oktober 2019. Data yang diperlukan digali dengan menggunakan tes prestasi belajar berupa tes pilihan ganda. Analisa data yang diperoleh meliputi analisa rata-rata prestasi belajar dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh salam penelitian ini adalah model pembelajaran Ekspository dapat meningkatkan prestasi belajar kepariwisataan siswa. Ini terbukti dari nilai rata-rata awal 64,53 meningkat menjadi 71,03 pada siklus 1 dan pada siklus 2 menjadi 78,16. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Ekspository dapat meningkatkan prestasi belajar kepariwisataan siswa Kelas X. Walaupun penelitian ini sudah dapat membuktikan efek utama dari model pembelajaran ekspository, sudah pasti dalam penelitian ini masih ada hal-hal yang belum sempurna dilakukan, oleh karenanya kepada peneliti lain yang berminat meneliti topik yang sama untuk meneliti bagian-bagian yang tidak sempat diteliti.
References
Abdullah. 2017. Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia, Vol. 01 No. 01 Hal. 45-62. Tersedia Pada: https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/45.
Asyafah. Abas, 2019. Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education – Vol. 6 No. 1 Hal. 19-32. Tersedia Pada: http://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/index.
Atriyanto, Bayu, Edy Sulistiyo. 2014. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Ekspositori terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Memperbaiki Compact Cassete Recorder Kelas XI TAV di SMA Negeri 2 Surabaya”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 03, Nomor 02, Tahun 2014, Hal. 09 – 13. Tersedia Pada: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/7484.
Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga..
Haviluddin. 2010. Active Learning Berbasis Teknologi Informasi ICT. Jurnal Informatika Mulawarman, 5(2): 28-31. Tersedia di http://informatikamulawarman.files.wordpr ess.com/2010/09/04-jurnal-informatika-
Nasution, Mardiah Kalsum. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No. 1, Hal. 9-16. Tersedia Pada: http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515.
Pupuh Faturrohman & Sobry M. S. (2010). Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami, Bandung: Refika Aditama.
Rizal M., Muh, Thamrin Tayeb, Nurkholisah Latuconsina. 2016. Efektivitas Penerapan Metode Ekspositori Berbasis Kuis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN MA ’ R A N G Kabupaten Pangkep. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, Vol. 2 No. 2 Hal. 172-185. Tersedia Pada: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/3161.
Sadia. 2003a. Strategi Pembelajaran Berorientasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah Disajikan pada Seminar Peningkatan Profesionalisme Guru-Guru SD Negeri 3 Singaraja dalam Menyongsong KBK 2003 Tanggal 26 Januari 2003.
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progesif. Jakarta: Kencana.
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media: Jakarta.
Hasbiyalloh, A. S., Harjono, A., & Verawati, N. N. S. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Scaffolding Dan Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 173. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.397
Nurkhan, N. (2016). Penilaian Kurikulum 2013 Melalui Pendampingan Bagi Guru Sekolah. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24176/re.v7i1.912
Sukardi, N. M. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Agama Hindu SMP Melalui Model Pembelajaran Ekspositori. Journal of Education Action Research, 2(3), 276. https://doi.org/10.23887/jear.v2i3.16265
Suparlan, S. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPA di SD/MI Kelas IV. Fondatia, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i2.104
Watoni, M. S. (2014). Studi Komprasi Penerpan Inquiry Dengan Pendekatan Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X MA Palapa Nusantara. Palapa, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36088/palapa.v2i2.746