Meningkatkan Kinerja Guru-Guru dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devision (STAD) dan Supervisi Akademik

Authors

  • Putu Ciri Bagiani SD Negeri 1 Temesi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28647

Keywords:

Supervisi Akademik, Pembelajara Student Team Achievement Devision (STAD), Kemampuan Guru

Abstract

Penelitian Tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan Kinerja Guru SD dalam melaksanakan proses pembelajaran. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara obserpasi Kelas/Kunjungan kelas dengan instrumen. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kemampuan melaksanakan proses pembelajaran, baru mencapai nilai 75,00 dan ketuntasan baru mencapai 55,55%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat Ketuntasan pelaksanaan Proses Pembelajaran minimal 86,00. Rata-rata nilai  siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-ratanya  mencapai 83,33 dan prosentase ketuntasannya mencapai 77,77%. Pada siklus II perolehan rata-ratanya sudah mencapai 91,44 dan persentase ketuntasan sudah mencapai 100%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan, dengan melaksanakan proses Pembelajaran mengikuti alur pembelajaran Student Team Achievement Devision (STAD), dapat meningkatkan kinerja guru melaksanakan proses pembelajaran. Jadi, dengan adanya model STAD dapat meningkatkan kinerja guru melaksanakan pemebalajaran.

References

Darmayanti, N.P.D, dkk. 2018 Pengaruh Model Pembelajaran STAD berbasis Portofolio terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. International Journal of Elementary Educations Volume 2 Nomor 3. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15962

Firmansyah, Dani. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika Volume 3 Nomor 1, Maret 2015. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199

Hadi, S. (2019). Supervisi Akademik Kunjungan Kelas Oleh Kepala Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Guru ( Studi Kasus Di SMP NW Jerua ). Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 114–135. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.371

HM, M. (2019). The application of STAD-Cooperative Learning Model: Efforts to increase motivation and Learning Outcomes of students in Class 5 SD N 07 Ledok Salatiga in Mathematics subjecth in Folding Symmetry and Rotating Symmetry topics. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.18326/mdr.v11i2.114-135

Israil, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 117–123. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807

Karsiyem dan Muhammad Nur Wangid. 2015 Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus III Sentolo Kulon Progo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 3 Nomor 2. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6337

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Purba, I. S. B. (2018). Improving Fourth Grade Natural Science Learning Outcomes With Type Student Team Achievement Division (Stad) Cooperative Model. Journal of Elementary Education, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/pej.v2i2.1006

Sholichah, Aas Siti . 2018. Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an . Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 07/No.1, April 2018. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128

Sukidin, dkk., 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan. Cendekia.

Sutrisno. 2016. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016. DOI : 10.24269/dpp.v4i1.56

Suwartini, Erni Agustina. 2017. Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.2 Oktober 2017. https://doi.org/10.17509/jap.v24i2.8294

Widiyastuti, M., & Arikunto, S. (2015). Dinamika Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Sekolah Efektif Di SD Kanisius Kadirojo, Sengkan, Duwet. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 82–96. https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6272

Widodo, Heri. 2015. Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (Mea) . Jurnal Cendekia Vol. 13 No. 2, Juli - Desember 2015. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250

Downloads

Published

2020-10-03

How to Cite

Bagiani, P. C. (2020). Meningkatkan Kinerja Guru-Guru dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devision (STAD) dan Supervisi Akademik. Journal of Education Action Research, 4(4), 501–507. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28647