Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing

I Gede Sujana

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran inquri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VI SD dengan populasi 19 orang siswa, terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pemberian tes kepada siswa. Metode ini digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan dua metode, yaitu analisis data statistik deskriptif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA, dengan metode inquiri terbimbing dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dimana awalnya persentase ketuntasan siswa mencapai 68,16% dimana nilai ini masuk dalam kategori sedang. Pada siklus I ketuntasan siswa  naik menjadi 74,74% masuk dalam kategori tinggi, dan pada siklus II ketuntasan siswa terus meningkat menjadi 86,32% dimana persentase ini masuk kategori sangat tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode inquiri terbimbing pada siswa kelas VI SD pada materi IPA di semester ganjil dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Metode inquri terbimbing; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Dasima, A., Latief, S., & Mustakim, E. (2014). Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi, 2(1). http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.8127

Asih, F. E., & Ibnu, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Penyajian Representasi Submikroskopik yang Berbeda terhadap Pemahaman Konseptual Siswa pada Materi Sel Volta. Jurnal Pendidikan, 3(11), 1434–1439. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i11.11750

Firmansyah, Dani. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika . Jurnal Pendidikan Unsika Volume 3 Nomor 1, Maret 2015. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199

Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hariyadi, D., Ibrohim, I., & Rahayu, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Proses dan oenguasaan konsep IPA. Jurnal Pendidikan, 1(8), 1567–1574. https://doi.org/2502-471X

Harjilah, N., Medriati, R., & Hamdani, D. (2019). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 79–84. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.79-84

Nurhadi, dan Senduk, AG. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang. http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/buku/detail/pembelajaran-kontekstual-contextual-teaching-and-learningctl-dan-penerapannya-dalam-kbk-oleh-nurhadi-burhan-yasin-agus-gerrard-senduk-28747.html

Rosita, dkk. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Inkuiri Terbimbing di Kelas IV SD Inpres 3 Terpencil Baina’a. Diakses 14 Juni 2017.

Sholichah, Aas Siti. 2018. Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an . Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 07/No.1, April 2018. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Sintya, W. K., Purwanto, A., & Sakti, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.7-12

Suastra, I W.2009. Pembelajaran Sains Terkini Mendekatkan Siswa Dengan Lingkungan Alamiah dan Sosial Budayanya. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesa Singaraja.

Sutrisno. 2016. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016. DOI : 10.24269/dpp.v4i1.56

Wati, A., Susilo, H., & Sutopo. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Jurnal Belajar terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa. Jurnal Pendidikan, 3(1), 129–133. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10411

Widodo, Heri. 2015. Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (Mea) . Jurnal Cendekia Vol. 13 No. 2, Juli - Desember 2015. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i4.28651

Article Metrics

Abstract view : 181 times
PDF file view : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.